Menurunkan berat badan dengan telur, apakah Anda pernah menjalaninya? Ketika banyak wanita yang menginginkan tubuh yang ideal, maka banyak cara yang bisa mereka lakukan. Berbagai program diet yang bisa kita pilih kadang memberikan hasil terbaik, tapi kadang juga memberikan hasil kurang memuaskan. Salah satu cara untuk diet sehat adalah dengan mengkonsumsi telur. Telur adalah makanan yang sangat mudah kita dapatkan. Makanan ini juga mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh. Sayangnya, tidak banyak yang tahu bahwa telur juga bisa membantu kita untuk diet. Kebanyakan telur yang dijual di pasaran adalah adalah telur unggas terutama dari ayam kampung dan ayam ras. Konsumsi telur setiap hari mampu mencukupi protein harian. 
Kandungan gizi telur 
Telur mengandung protein yang tinggi sehingga bisa mencukupi kebutuhan harian kita. Dalam sebutir telur mengandung 73% air, 13% protein, lemak dan sisanya adalah karbohidrat. Lemak yang terdapat pada telur sangat rendah, hal ini sangat cocok untuk diet telur. Putih telur hampir tidak mengandung lemak sama sekali, karena semua lemak tersebut hanya terdapat pada kuning telur. Kuning telur mengandung lemak sebanyak 32%.  Dalam satu butir telur terdiri dari 58% albumen, 30% kuning telur dan sisanya dalah kulit telur. Diet menggunakan telur memiliki banyak manfaat, Anda bisa membaca “4 Keuntungan Diet Dengan Telurâ€�. Putih telur atau albumen memiliki kandungan protein sangat tinggi, tapi putih telur juga bisa membuat alergi setelah di konsumsi. Ada cukup banyak telur unggas yang bisa kita pilih tapi untuk menurunkan berat badan, Anda bisa memilih telur ayam, telur bebek dan telur kalkun. 
Telur ayam 
Ayam ras adalah salah satu ayam yang menghasilkan telur berkualitas selain ayam kampung. Untuk diet, kita bisa memilih telur ayam baik ayam ras ataupun ayam kampung. Telur ayam memiliki bentuk yang berbeda namun hampir semuanya memiliki kandungan gizi yang sama. Kita bisa memilih telur ayam yang berkulitas untuk mendapatkan nilai gizi yang lebih tinggi. Hampir semua telur ayam ras adalah telur yang masih segar sehingga sangat baik dikonsumsi bagi kita yang menjalani diet telur. Telur ayam yang berkualitas adalah yang tidak diawetkan dan tidak terdapat pertumbuhan embrio.  Kita bisa memilih telur ayam yang memilliki kuning telur utuh dan bersih, belum tercampur oleh putih telur. 
Baca juga  : “Tips Sukses Diet Telur Dalam 2  Mingguâ€�
Telur ayam ras mengandung protein tinggi dan beberapa nutrisi lainnya. Nutrisi lain selain protein yang terdapat pada telur ayam diantaranya kalori atau energi, karbohidrat, lemak, kalium, kalsium, natrium, mangan, fosfor, seng, selenium dan vitamin. Ada beberapa vitamin yang terdapat pada telur ayam diantaranya vitamin A, vitamin B6, vitamin B12, vitamin E dan vitamin K. Telur ayam juga memiliki beberapa jenis protein yang berkualitas diantaranya ovoglobulin, ovalbumin, ovomucin dan ovomukoid. Menurunkan berat badan dengan telur ayam membuat kita lebih bertenaga, hal ini karena kandungan kalori pada satu butir kuning telur sebesar 60 kalori.
Telur bebek 
Telur bebek sering diasinkan dan kita bisa menjalani diet sehat dengan konsumsi telur bebek. Kandungan zat gizi yang terdapat pada telur bebek diantaranya energi sebesar 185 kkal, proten 12 gr, lemak 13 gr, karbohidrat 1,4 gr, mineral dan vitamin. Beberapa mineral yang terdapat pada telur bebek diantaranya fosfor, besi, mangan, tembaga, kalium, thiamin, riboflavon, selenium, niasin dan magnesium. Sedangkan vitamin pada telur bebek diantaranya vitamin A, b12, B6, C dan K. Kadar vitamin A pada telur bebek sangat tinggi, hal ini bisa membantu kita menjaga kesehatan mata selain untuk menurunkan berat badan
Telur kalkun 
Kalkun merupakan unggas yang  berbadan besar, binatang ini memiliki telur yang lebh besar dibandingkan unggas lainnya. Tentu saja dari ukurannya yang lebih besar, jumlah protein dan zat gizi lainnya pada unggas ini lebih besar dibandingkan unggas lainnya. Beberapa kandungan gizi pada telur kalkun diantaranya omega 6, omega 9, protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral. Kandungan nutrisi pada telur ini jauh lebih besar dari telur ayam, telur bebek maupun unggas lainnya. 
Ketiga jenis telur unggas di atas bisa menjadi pilihan kita untuk membuat menu diet sehat special. Selain menyehatkan, telur unggas juga murah harganya, jadi kita lebih nyaman menurunkan berat badan tanpa mengeluarkan biaya mahal.