Menurut  Anda, diet sehat itu yang bagaimana? Jika kta pernah menjalani diet dan terus menerus mendapatkan kegagalan, bahkan sangat dirugikan dengan diet tersebut, maka saatnya kita memikirkan diet sehat yang tidak merugikan. Sebenarnya, ketika kita merasa dirugikan saat menjalani diet, hal ini bisa terjadi karena kesalahan kita sendiri. Pastikan bahwa Anda juga memilih diet yang tepat dan tidak menimbulkan rasa sakit dan tersiksa saat menjalaninya. Mungkin hampir semua wanita mengalami kelaparan saat menjalani diet ketat, dan hal ini sebenarnya tidak akan memberikan hasil maksimal. 
Kita bisa memilih diet yang nyaman dan tidak menyiksa diri sendiri. Kita bisa makan kenyang, tapi tidak pernah khawatir berat badan menjadi naik. Jika kita memilih sumber makanan berserat tinggi maka kita akan sangat nyaman menjalani hidup, tidak selalu dibayangi oleh kenaikan berat badan. Serat memang sangat berperan penting dalam diet sehat dan menjaga berat badan kita. Tanpa serat, sistem pencernaan pasti bermasalah. Bukan hanya itu, banyak masalah yang akan timbul jika kita tidak mencukupi kebutuhan serat harian dan salah satunya adalah kenaikan berat badan. 
Diet brokoli kaya manfaat
Nah, jika kita sudah mengetahui bahwa serat sangat penting untuk menurunkan berat badan, kini saatnya kita memilih sumber serat yang baik. Ada cukup banyak sumber serat yang bisa kita pilih. Serat yang terdapat pada makanan tersebut berupa serat larut dan serat tak larut. Kedua jenis ini sangat bermanfaat untuk diet, beberapa manfaatnya bisa Anda baca di “Manfaat Serat Larut dan Tak Larut Untuk Diet�. Bagaimana? Sangat penting bukan serat bagi tubuh kita sehingga kita bisa memilih diet sehat yang tepat seperti halnya diet brokoli.
Baca juga  :  “4 Menu Diet Lezat Dengan Brokoli “
Brokoli merupakan sayuran yang mengandung serat cukup tinggi disamping kandungan nutrisi lainnya. Kandungan vitamin C dan serat yang terdapat pada brokoli jauh lebih tinggi dibandingkan dengan sayuran lainnya. Dalam 150 gram brokoli yang telah dikukus mengandung serat sebanyak 4,6 gram. Kandungan lain dalam brokoli diantaranya kalori sebanyak 43,7 kal, karbohidrat 8,2 gram, protein sebanyak 4,6 gram, mineral-mineral dan beberapa jenis vitamin lainnya. Mineral yang terdapat pada brokoli diantaranya Fosfor, Magnesium, Zink, Kalium, Besi dan Mangan. 
Vitamin yang terdapat pada brokoli diantaranya vitamin A, vitamin B1, B2, B3, B5 dan B6, vitamin C, vitamin E dan K. Sayuran ini adalah sayuran berkalori sangat rendah, jumlah kalori pada brokoli 150 gram yang dikukus sebanyak 43 kal. Selain rendah kalori, sayuran ini juga rendah lemak dan bebas kolesterol. Jika kita mengkonsumsi brokoli, maka kita merasa kenyang lebih lama. Hal ini karena serat pada brokoli jauh lebih tinggi dibandingkan serat pada gandum. Konsumsi brokoli setiap hari atau kita jadikan menu diet sehat, hal ini sangat membantu sistem pencernaan dan kesehatan tubuh kita.
Cara mengolah brokoli yang tepat
Mengolah makanan berserat yang tepat adalah bagaimana kita mengolah makanan tersebut agar serat yang ada di dalamnya tetap utuh atau tidak banyak yang hilang. Saat proses memasak, bahan makanan mentah akan kehilangan sebagian nutrisi yang ada didalamnya. Namun, cara memasak yang tepat bisa membantu kita mendapatkan serat yang lebih banyak untuk diet sehat. Merebus brokoli jauh lebih baik, Anda bisa memaca alasannya pada artikel “Teknik Memasak Yang Paling Tepatâ€� Kita bisa membuat berbagai macam olahan dari brokoli, bahkan ada banyak sekali resep masakan dari brokoli yang bisa kita coba. 
Cara mengolah brokoli yang benar

1.    Merebus
Merebus brokoli memberikan manfaat lebih bagi kita karena kita bisa mendapatkan serat lebih tinggi dibandingkan pengolahan lainnya. Cukup bersihkan brokoli kemudian rebus air hingga mendidih, kemudian masukkan brokoli dan rebus selama 2 menit saja.
2.    Mengukus
Alternatif lain untuk mendapatkan serat brokoli yang tinggi adalah dengan mengukus. 
3.    Menggunakan microwave
Kita juga bisa memasak brokoli dengan menggunakan microwave, namun agar serat yang kita dapatkan lebih banyak, kita cukup memasaknya selama 3 menit di dalam microwave.
4.    Menumis
Menumis brokoli ditambah dengan bumbu-bumbu yang harum, hal ini akan menambah selera makan Anda. Namun, jangan terlalu lama menumis brokoli agar kandungan seratnya tidak hilang saat proses memasak.

Agar kita tidak bosan mengkonsumsi brokoli setiap hari, maka pertimbangan menu yang bervariasi tentu sangat membantu kita. Setiap hari, kita bisa membuat menu brokoli yang bervariasi, selain itu kita juga bisa menambahkan menu lainnya yang mengandung serat. Anda bisa menambahkan buah-buahan berserat tinggi untuk mendampingi diet sehat brokoli.