Serat adalah salah satu faktor penting yang harus diperhatikan jika kita ingin diet. Mengkonsumsi makanan berserat adalah cara diet sehat yang wajib kita pilih. Untuk diet sehat, kita membutuhkan serat pangan atau serat yang bisa kita dapatkan pada tumbuhan. Serat pangan ini terdiri dari karnohidrat yang sangat membatu proses pencernaan dan proses penyerapan makanan pada usus. Karena ini, setiap hari kita harus mencukupi kebutuhan serat sekalipun kita tidak menjalani diet.
Serat bisa kita dapatkan pada buah-buahan, sayuran dan tanaman lainnya. Serat sendiri dibagi menjadi sua yaitu serat larut dan tidak larut. Sayuran dan buah adalah sumber serat yang sangat mudah kita dapatkan dan konsumsi. Serat pada kedua jenis sumber makanan tersebut sangat berperan untuk kelangsungan hidup sehat kita. Untuk lebih jelasnya, dibawah ini adalah penyelasan dari serat larut dan tidak larut berserta manfaatnya.
Serat larut 
Sebelum menjalani diet sehat dengan serat, ada baiknya kita mengetahui apa saja dan manfaat apa yang bisa kita dapatkan dari jenis-jenis serat tersebut. Serat larut atau Soluble Fiber merupakan serat yang bisa larut dalam air. Serat ini antinya bentuk gel yang sangat baik untuk diet kita. Serat larut mampu membuat kita kenyang lebih lama, hal ini karena serat larut mampu menghambat pencernaan dalam perut. Bagi kita yang ingin menjalani diet, maka pilihan terbaik adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung serat larut.
Baca juga  :  “ 3 Hal Yang Membuat Diet Serat Anda Gagalâ€�
Beberapa sumber makanan yang mengandung serat larut diantaranya biji-bijian seperti gandum, beras, oat, sereal dan biji wijen. Beberapa jenis kacang-kacangan seperti kacang polong dan kedelai. Sayuran yang mengandung serat larut diantaranya seledri, bit, timun, wortel dan beberapa sayuran hijau lainnya. Serat larut juga terdapat pada buah jeruk, apel, anggur dan citrun. Serat larut mampu dipecah dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi makanan sumber serat larut, maka kita bisa lebih mudah menjalani diet sehat. Bukan hanya itu saja, serat larut juga sangat baik untuk menjaga kesehatan.

Manfaat serat larut

1.    Mengurangi lemak dalam darah
2.    Membantu mempertahankan gula dalam darah
3.    Menghambat proses cerna sehingga kita merasa kenyang lebih lama

Serat Tak Larut 

Insoluble fiber atau serat tak larut merupakan serat yang tidak bisa dipecah sehingga tidak larut dalam air. Serat ini membantu menjaga kesehatan usus dan mampu menyerap air lebih banyak. Tanpa serat larut, maka kita akan kesulitan buang air besar. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tak larut maka kita bisa buang air besar dengan mudah. Feses menjadi lebih lunak dan lebih besar sehingga kita bisa terhindar dari sembelit. Sumber serat tak larut bisa kita dapatkan pada biji-bijian, sayuran dan buah-buahan.
Serat tak larut ini bisa menjadi menu diet sehat kita karena membantu mencegah sembelit dan memperlancar BAB. Beberapa biji-bijian yang bisa kita konsumsi diantaranya gandum utuh, beras dan jagung. Selain itu, serat larut juga terdapat pada sayuran, buah jambu biji dan benih. Dengan mengkonsumsi sumber serat tak larut maka tubuh mampu mengikat asam empedu. Semakin banyak asam empedu yang diikat oleh serat tak larut maka semakin banyak kolesterol dalam tubuh yang hilang.
Manfaat serat secara umum
1.    Memperlancar buang air besar
2.    Mencegah terjadinya sembelit
3.    Menurunkan kadar gula dalam darah
4.    Mencegah dan mengatasi kolesterol tinggi
5.    Mencegah terjadinya kanker pada usus
6.    Membuang racun-racun dalam tubuh melalui feses
7.    Membantu menjaga kesehatan tubuh
Keberadaan serat larut dan tak larut dalam tubuh memang sangat penting. Menjalani diet sehat sama halnya kita menjalani hidup sehat karena makanan yang kita konsumsi sebagian besar mengandung serat tinggi. Kita bisa membuat aneka olahan makanan berserat tinggi yang berasal dari sayur dan buah-buahan. Semakin rutin mengkonsumsi makanan berserat maka semakin mudah kita menurunkan berat badan.
Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk diet dengan makanan berserat?