Jika Anda melihat wanita-wanita suku Dayak, pasti Anda tertarik dengan kecantikan wajah dan rambut mereka. Anda bisa saja memilih cara merawat rambut modern dan mahal, tapi Anda akan menyesal jika mengetahui rahasia rambut tebal dan berkilau wanita Dayak. Sebagian besar wanita di Indonesia memiliki rambut hitam berkilau. Namun, kilau rambut tersebut bisa dengan mudah pudar sekalipun usia mereka masih sangat muda. Beberapa wanita bahkan telah memiliki uban saat usia mereka masih 20-an. Tapi, banyak wanita suku Dayak yang memiliki rambut hitam dan tebal tanpa uban sekalipun mereka berusia 50-an.
Ada apa dengan wanita Dayak? Apakah mereka menggunakan perawatan khusus agar rambutnya tetap indah hingga usia lanjut? Cara merawat rambut yang dilakukan wanita Dayak sangat sederhana, bahkan siapa saja bisa melakukan hal yang sama. Mereka memiliki rambut yang sangat kuat, hal ini karena bunga sepatu. Salah satu bunga yang banyak dijumpai di pedesaan ini ternyata menjadi bagian yang sangat penting wanita Dayak. Mereka bisa cantik alami karena bunga sepatu. Mereka bisa memiliki rambut indah tanpa uban karena bunga sepatu. Hampir semua wanita Dayak menggunakan cara tradisional untuk menjaga kecantikan mereka dari ujung rambut hingga ujung kaki. 
Kandungan alami bunga sepatu 
Bunga sepatu mengandung flavonoid, vitamin C, polifenol dan saporin. Bunga yang memiliki nama latin Hibiscus rosa sinensis memiliki warna merah merona ini memiliki zat flavonoid yang merupakan pigmen alami pada tumbuhan. Pigmen ini sangat baik jika dimanfaatkan untuk rambut. Flavonoid memiliki efek baik untuk mengatasi masalah rambut. Demikian juga dengan zat polifenon, zat ini juga bermanfaat untuk kesehatan rambut. Baik bunga maupun daun sepatu bisa dimanfaatkan untuk kesehatan rambut dan kulit kepala.
Baca juga   : “ Ganti Shampoo Anda Dengan Bunga Iniâ€�

Manfaat bunga sepatu untuk rambut

1.    Mencegah uban
Uban adalah proses alami yang pasti dialami oleh semua orang, tapi uban ternyata bisa dialami oleh mereka yang berusia muda.
2.    Mencegah kerontokan rambut
Rambut rontok bisa terjadi karena cara merawat rambut yang salah, rambut kekurangan nutrisi dan karena faktor hormonal. Kerontokan rambut yang parah bisa menyebabkan kebotakan dan menggangu penampilan seseorang.
3.    Menghitamkan rambut
Untuk mendapatkan rambut hitam berkilau, bunga sepatu adalah pilihan yang tepat. Wanita Dayak memanfaatkan bunga sepatu dan salah satu hasilnya, mereka memiliki rambut yang hitam berkilau. 
4.    Menguatkan rambut hingga tua
Semakin bertambah usia, kekuatan rambut semakin berkurang jika Anda tidak mencukupi nutrisi rambut setiap hari. Selain memberi nutrisi rambut, Anda bisa memanfaatkan bunga sepatu untuk menguatkan rambut sekalipun usia semakin bertambah.
Cara memanfaatkan bunga sepatu 
1.    Mengatasi uban
Untuk mengatasi uban dan mencegahnya, Anda bisa memanfaatkan buga sepatu. Tumbuk halus beberapa bunga sepatu yang sudah dibersihkan, setelah halus Anda bisa mengoleskan bunga tersebut pada kulit rambut. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air hingga bersih. Perawatan ini bisa Anda lakukan semiggu 2 hingga 3 kali.
2.    Menghitamkan dan menguatkan rambut
Bunga sepatu sangat efektif untuk menghitamkan rambut, cara yang Anda lakukan sama dengan mengatasi uban di atas. Setelah bunga sepatu di tumbuk, oleskan bunga pada rambut. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas. 
Dengan memanfaatkan bunga sepatu, Anda bisa mendapatkan rambut hitam berkilau seperti wanita Dayak. Sekalipun cara merawat rambut wanita Dayak sangat tradisional, namun hasilnya sama seperti perawatan di salon.