Efek buruk dietadalah hal yang tidak pernah kita inginkan. Sayangnya, tidak semua diet aman sehingga kita perlu waspada terhadap efek buruk yang ditimbulkannya di kemudian hari. Diet bayam adalah salah satu diet sehat karena diet ini menggunakan bahan alami yang mengandung serat. Bayam merupakan sayuran yang lezat untuk dikonsumsi, sekalipun harganya relatif murah dibandingkan sayuran lain. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan bayam dengan menanam sendiri di pekarangan rumah. Sayuran ini sangat mudah didapatkan dan kita bisa mengolahnya dengan berbagai menu pilihan.

Diet bayam adalah diet yang mengkonsumsi bayam dalam jumlah lebih. Ada dua jenis bayam yang bisa kita pilih, diantaranya bayam cabut dan bayam petik. Kedua jenis bayam ini bisa menjadi hidangan saat kita menjalani diet bayam. Sekalipun bayam mengandung serat dan nutrisi lain, tapi bayam juga memiliki kekurangan. Efek buruk diet bayam bisa saja terjadi jika kita salah mengolah sayuran satu ini. Pengolahan makanan yang tepat, hal ini memberikan manfaat bagi tubuh kita. Namun, saat kita mengolah makanan yang kurang tepat, hal ini justru membahayakan diri kita sendiri.
Kandungan dan manfaat bayam 
Serat dan air pada bayam membantu tubuh menunda lapar dengan membuat kita kenyang lebih lama saat menjalani diet. Silahkan membaca ulasan “Diet Bayam, Lebih Mudah Turunkan Berat Badan� untuk mengetahui lebih banyak tentang diet bayam. Beberapa kandungan bayam bisa kita lihat dari tabel dibawah ini.

                                                     Kandungan Nutrisi Bayam

Jenis Nutrisi
Kandungan per 100 gram
Energi
22 kkal
Karbohidrat
3,5 gr
Protein
2,86 gr
Lemak
0,35 gr
Serat
2,7 gr
Mineral
0,89 gr
Vitamin
0,99 gr
Air
91,58 gr
Ampas
1,72 gr
                         Source : www.asiamaya.com
Beberapa manfaat bayam
  1. Melancarkan pencernaan
Bayam kaya dengan serat dan air, hal ini sangat baik untuk membantu melancarkan pencernaan. Dengan pencernaan yang sehat maka kta lebih mudah buang air besar dan lemak ditubuh bisa dikurangi dengan mudah. Hal inilah yang menyebabkan bayam menjadi salah satu menu diet.
  1. Mencegah dan mengatasi kencing manis
Bayam mengandung mangan (Mn0 yang sangat baik untuk membantu mencegah dan mengatasi penyakit kencing manis atau diabetes. Dengan mengkonsumsi bayam, maka kolesterol dalam darah berkurang sehingga gula darah menjadi normal.
  1. Mencegah kanker
Bayam adalah sayuran sehat yang bisa mencegah penyakit kanker. Dengan pengolahan yang tepat, kita bisa mencegah penyakit kanker dengan mudah menggunakan bayam. 
  1. Detok alami
Bayam mengandung garam oksalat yang bisa membersihkan zat atau kotoran dalam tubuh yang tidak terpakai. Konsumsi bayam membantu tubuh membuang beragai racun dalam tubuh dan dikeluarkannya melalui tinja.
Mengapa bayam berbahaya? 
Bayam adalah sayuran yang baik untuk diet, namun efek buruk diet bayam juga bisa terjadi jika kita salah mengolahnya. Ketika kita memasak bayam dan membiarkannya lebih dari 5 jam setelah selesai dimasak, hal ini bisa berbahaya jika kita konsumsi. Bayam mengandung nitrat, suatu senyawa yang bisa menjadi nitrit ketika teroksidasi oleh udara. Pada umumnya,  setelah 5 jam sayur bayam yang awalnya berwarna hijau menjadi kehitaman. Warna kehitaman pada daun bayam tersebut merupakan tanda bahwa terjadi oksidasi berbahay pada sayur bayam, dimana nitrat telah berubah menjadi nitrit. Jika kita mengkonsumsi sayur bayam yang telah teroksidasi, hal ini sangat membahayakan tubuh.
Efek buruk diet bayam bisa terjadi ketika kita mengkonsumsi sayur bayam yang telah menjadi kehitaman akibat proses oksidasi di atas. Oksidasi pada sayur bayam ini membuat sayur bayam menjadi racun bagi tubuh. Jika kita tetap mengkonsumsinya, maka tubuh kita bisa menjadi lemas, pusing dan mual. Reaksi tersebut terjadi karena tubuh tidak mampy mengikat oksigen. Sayur bayam memang sangat baik untuk meningkatkan pembentukan hemoglobin. Hemoglobin membantu mengikat oksigen dalam darah dan disalurkannya pada bagian tubuh lain.Namun ketika terjadi oksidasi, justru hal ini membuat hemoglobin tidak mampu lagi mengikat oksigen.
Untuk mencegahefek buruk diet bayam, kita harus mengkonsumsi sayur bayam kurang dari 5 jam. Ada baiknya setelah memasak, kita langsung mengkonsumsinya sehingga kandungan nutrisi pada sayur tersebut masih bagus dan belum teroksidasi.