Efek samping cara instan memutihkan wajah menggunakan kolagen, apa saja yang Anda ketahui? Jika kita ingin cantik instan, saat ini ada banyak pilihan sesuai kebutuhan. Memuthkan wajah adalah hal yang biasa saat ini karena banyak yang menganggap bahwa wajah putih adalah simbol dari kecantikan. Hal inilah yang menyebabkan wanita ingin mendapatkan kulit putih dalam waktu singkat. Berbagai perawatan wajah memberikan berbagai penawaran harga dan keunggulan dalam waktu yang singkat. Salah satu cara untuk memutihkan wajah adalah dengan menggunakan injeksi kolagen. 
                      gambar diambil dari http://www.sayidaty.net
Cara memutihkan wajah dengan injeksi kolagen bukanlah hal yang baru di dunia kecantikan, namun saat ini treatment menggunakan kolagen menjadi semakin marak. Sebenarnya, tubuh kita memiliki kolagen yang terdapat pada tendon, jaringan ikat,kulit dan juga pada tulang rawan. Kolagen berperan aktif untuk menjaga keindahan kulit, namun semakin tua usia kita kondisi kulit semakin jelek. Berkurangnya kolagen dalam tubuh menyebabkan kulit kusam, kering, keriput, flek-flek hitam dan beberapa tanda penuaan lainnya.
Bisakah kolagen memutihkan wajah?

Menjadi hal yang sangat menarik jika kita membahas tentang kolagen, salah satu zat yang banyak diperbincangkan di dunia kecantikan. Banyak anggapan bahwa kolagen mampu memutihkan kulit. Komponen utama jaringan ikat ini memang berhubungan erat dengan kondisi kulit kita. Mulanya, produksi kolagen dimanfaatkan untuk mengatasi bekas jerawat, bekas cacar atau masalah kulit lainnya. Dengan menyuntikkan kolagen maka kulit menjadi mulus kembali. Lama-kelamaan, penggunaan suntikan kolagen mulai ditambahkan dengan vitamin C yang bertujuan untuk mencerahkan kulit. Tingkat kecerahan kulit yang didapatkan setelah injeksi kolagen dan vitamin C tergantung dari kulit masing-masing individu. 
Menyuntikkan kolagen yang bertujuan untuk memutihkan atau mencerahkan wajah, menghilangkan jerawat, bekas jerawat atau masalah kulit lainnya harus dilakukan secara rutin. Suntik kolagen dan vitamin C atau suntik putih baru terlihat hasilnya setelah beberapa kali suntikan. Jika kita melakukan treatment ini secara rutin maka hasilnya sangat memuaskan. Cara menghilangkan jerawat dengan kolagen harus dilakukan oleh ahlinya. Menambahkan vitamin C pada suntikan kolagen membantu mempercepat regenerasi kulit 
Bahaya memutihkan wajah dengan kolagen

Penggunaan kolagen sebagai pemutih wajah bisa memberikan hasil terbaik dan aman asalkan dilakukan dengan tepat. Kita bisa memilih dokter ahli agar tidak terjadi efek samping atau bahaya ketika kolagen, vitamin C atau pemutih dimasukkan kedalam tubuh. Kolagen sebagai penghilang jerawat bisa berbahaya jika disuntikkan melebihi dosis yang ditentukan atau dilakukan diluar prosedur yang tepat.
Beberapa efek samping injeksi kolagen diantaranya:
1. Alergi
Injeksi kolagen bisa menyebabkan alergi, hal ini karena ada jenis kolagen yang bisa menyebabkan alergi. Bovin merupakan salah satu kolagen yang bisa menyebabkan alergi pada sebagian orang. Jika Anda pernah mengalami alergi ketika penyuntikan vitamin C, suntik putih ataupun kolagen, Anda harus berkonsultasi pada dokter sebelum melakukan penyuntikan kembali.
2. Kulit kemerahan
Injeksi kolagen dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah kulit dan salah satunya untuk menghilangkan jerawat. Namun, penyuntikan kolagen yang salah, hal ini bisa menyebabkan kemerahan pada kulit demikian juga pada wajah yang berjerawat. 
3. Pengelupasan kulit
Jika setelah melakukan injeksi kolagen Anda mengalami pengelupasan kulit, hal ini bisa disebabkan pengaruh kolagen yang dimasukkan dalam tubuh. Kita bisa mengalami alergi kolagen yang ditandai dengan pengelupasan kulit. 
4. Menyebabkan batu empedu
Injeksi kolagen dan vitamin C secara berlebihan atau tidak sesuai prosedur, hal ini bisa memicu timbulnya batu empedu. Jika kita mengalami hal ini maka tulang lebih mudah keropos sehingga proses penyerapan vitamin dalam tubuh tidak bisa maksimal.
5. Merusak kulit
Kolagen memang membantu menjaga keindahan kulit, namun jika kolagen yang dimasukkan dalam tubuh jumlahnya berlebihan, hal ini bisa merusak kulit. Fek samping suntik kolagen berlebih bisa menyebabkan kerusakan pada kulit.
6. Menimbulkan ketergangungan
Kita bisa mendapatkan hasil yang bagus saat melakukan suntik kolagen, begitu juga untuk menyembuhkan jerawat. Cara menghilangkan jerawat dengan suntik kolagen bisa menimbulkan ketergantungan. Jika suntikan tidak diteruskan, kulit akan membali seperti semula, hal inilah yang menyebabkan suntik kolagen menimbulkan ketergantungan. 
Masih tertarik untuk injeksi kolagen demi mendapatkan kulit cantik dan bebas jerawat? Jika Anda berminat, silahkan memilih dokter ahli agar Anda tidak mengalami efek samping injeksi kolagen di atas.