Diet kangkung, pernahkah Anda mencobanya? Mengapa harus menggunakan kangkung, apakah tidak ada cara yang lain? Dibalik harganya yang sangat murah, ada fakta yang mengejutkan yang bisa membuat Anda tertarik untuk mencobanya. 

Diet seperti jadi trend saat ini, alih-alih ingin mendapatkan tubuh langsing inilah yang membuat banyak orang terobsesi untuk menjalani diet. Tak tanggung-tanggung, mereka bisa menghabiskan banyak uang untuk mendapatkan tubuh langsing. Padahal, untuk mendapatkan tubuh langsing, kita bisa memanfaatkan sayuran seperti halnya kangkung. Diet kangkung, mungkin terdengar sangat aneh dibenak banyak orang, tapi bukan bagi mereka yang ingin mendapatkan tubuh seperti seleb papan atas. Jika Anda menginginkan tubuh langsing yang alami, cara terbaik adalah menggunakan bahan alami seperti halnya kangkung.
Mengapa diet kangkung?
Jangan meremehkan kangkung, sayuran ini bisa membuat Anda menjadi langsing dalam beberapa minggu saja. Hal ini karena kangkung adalah sumber serat yang sangat baik untuk menurunkan berat badan. Konsumsi sayuran bukan hanya membantu menyehatkan tubuh, tapi juga membantu menjaga penampilan. Cantik dan langsing adalah dambaan setiap wanita. Oleh karena itu, jika kita ingin tetap cantik dan langsing, konsumsi sayuran adalah hal yang wajib dilakukan setiap hari. Jangan karena kita merasa berat badan naik, sehinga kita mulai menjalani diet dengan mengkonsumsi sayuran sebanyak-banyaknya. 
Diet sayur kangkung sangat baik bagi siapa saja, baik pria maupun wanita. Kangkung merupakan sayuran yag banyak diminati masyarakat. Harga sayuran ini sangat terjangkau dan kita bisa lebih berhemat jika diet dengan kangkung. Diet kangkungbukan hanya murah dan mudah, tapi memberi banyak manfaat bagi kita. Kangkung mengandung serat dan nutrisi lain yang baik untuk tubuh, selain itu kita juga mendapatkan berbagai manfaat dari sayuran ini. Sayuran yang memiliki nama latin Ipomoea reptans ini terdiri dari dua jenis yaitu kangkung air dan kangkung darat. Kedua jenis kangkung ini bisa kita konsumsi untuk meni diet.
Kandungan gizi kangkung
Salah satu kelebihan diet kangkung karena dalam sayuran ini terdapat kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Beberapa kandungan nutrisi pada kangkung bisa kita lihat dari tabel dibawah ini.
                         
                                                                Nutrisi Kangkung
Jenis Nutrisi
Kandungan Per 100 Gram
Energi
29 kkal
Karbohidrat
5,4 gr
Proten
3 gr
Lemak
0,3 gr
Kalsium
75 mg
Zat Besi
2,5 mg
Fosfor
50 mg
Vitamin A
6300 IU
Vitamin B1
0,08 mg
Vitamin C
32 mg
Serat
2,4 gr
                                                 Source  : Data FAO 
Keuntungan diet kangkung
  • Membantu mencukupi nutrisi harian
Kandungan nutrisi pada kangkung sangat baik untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian. Sebenarnya, kita tidak perlu mengkonsumsi suplemen atau beberapa produk sejenis jika kita bisa mencukupi kebutuhan nutrisi harian dengan sayur atau buah. Hanya konsumsi satu ikat sayur saja, kita sudah mendapatkan berbagai nutrisi penting dalam tubuh, bagaimana jika beberapa sayuran kita konsumsi setiap hari?
  • Melancarkan buang air besar
Kangkung mengandung serat tinggi sehingga sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan. Konsumsi kangkung dalam jumlah yang wajar bisa membantu kita BAB lebih mudah dan lancar. Kita juga bisa mencegah sembelit tanpa harus mengkonsumsi obat-obatan.
  • Mencegah obesitas dan diabetes
Menjalani diet sehat dengan kangkung sangat efektif untuk penderita diabetes atau mereka yang mengalami obesitas. Serat dan air pada kangkung sangat membantu kita untuk mencegah dan mengatasi kegemukan dan diabetes secara alami.
  • Mengatasi sariawan
Vitamin C pada kangkung sangat baik untuk mencegah dan mengatasi sariawan dan beberapa masalah pada mulut. 
  • Melangsingkan tubuh
Sudah pasti, memilih kangkung untuk menu diet sehat sehari-hari sangat bermanfaat untuk menghilangkan lemak di beberapa bagian tubuh. Serat pada kangkung inilah yang membantu proses penurunakn berat badan kita.
Efek samping kangkung
  • Tubuh menjadi lemas
  • Menimbulkan rasa kantuk
  • Membuat perut mulas
  • Menyebabkan diare
Tips diet kangkung yang aman
  • Konsumsi dalam jumlah yang tepat
Agar kita bisa mendapatkan tubuh langsing saat menjalani diet kangkung, maka kita harus mengkonsumsi kangkung dalam jumlah yang tepat. Hindari konsumsi kangkung berlebih sekalipun Anda menjalani diet tersebut. 
  • Memasak kangkung yang tepat
Jika kita salah mengolah kangkung, hal ini juga berbahaya bagi kita sendiri. Seperti halnya ketika kita menambahkan terlalu banyak garam, gula atau cabai kedalam diet kangkung, tentu saja hal ini bisa membahayakan diri kita, bukan? 
  • Hindari makan sayur kangkung “yesterdayâ€�
Yesterday disini dimaksudkan bahwa kita membuat sayur kangkung misalnya hari Rabu pagi,  sekalipun kita telah menghangatkan sayur tersebut dan tidak basi, tapi jangan konsumsi sayur tersebut keesokan harinya atau di hari Kamis. Hal ini sangat tidak baik bagi kesehatan.