Mencegah penuaan dini bisa dilakukan dengan berbagai cara dan salah satunya adalah dengan manfaat ikan tuna. Ikan adalah salah satu bahan makanan yang sangat dibutuhkan tubuh. Masing-masing jenis ikan memiliki kandungan nutrisi yang berbeda-beda. Untuk mengatasi penuaan kita bisa juga memilih klinik kecantikan, produk perawatan wajah dan juga mengkonsumsi sumber makanan yang mengandung nutrisi terbaik untuk atasi penuaan dini. Penuaan adalah masalah kulit yang pasti kita alami, namun jangan sampai penuaan tersebut terjadi saat kita berusia sangat muda. 
manfaat ikan tuna untuk mengatasi penuaan dini

                                 gambar diambil dari  organicfacts.net
Ikan tuna adalah salah satu ikan yang banyak di konsumsi masyarakat Indonesia. Ikan ini bisa di masak berbagai menu dan tentunya kita bisa mendapatkan manfaat dari tuna. Dengan tubuh yang tertutupi sisi, ikan ini ternyata memiliki kandungan protein sangat tinggi. Tapi, kita akan takjub karena bukan hanya protein dalam ikan ini yang bermanfaat bagi tubuh. Tuna juga bisa kita manfaatkan untuk mencegah dan mencegah penuaan dini.

Penyebab penuaan dini

1. Radikal bebas
Radikal bebas adalah molekul yang mengandung elektron dan tidak memiliki pasangan. Sifat dari radikal bebas adalah sangat reaktif dan mampu menarik elektron sehingga mengubah molekul menjadi radikal dengan menghilangkan atau menambahkan elektron. Radikal bebas ini mampu merusak sel, menggangu kerja sel dan bisa menimbulkan kematian sel. Hal inilah yang menyebabkan kulit menjadi rusak dan salah satunya adalah menimbulkan penuaan dini. 
2. Lingkungan
Penuaan dini juga bisa disebabkan oleh lingkungan, seperti halnya pencemaran lingkungan atau jika kita tinggal di lingkungan yang kumuh. Beberapa bahan kimia yang dihasilkan oleh pabrik, kendaraan ataupun dari rumah tangga, hal ini bisa mempercepat proses penuaan. Selain itu, penyebab penuaan dini juga bisa terjadi karena suara bising. Lingkungan dengan suara yang sangat bising bisa meningkatkan produksi hormon prolaktin yang menyebabkan percepatan penuaan.
3. Obat-obatan
Konsumsi obat secara berlebih, hal ini bisa menyebabkan hormon dalam tubuh semakin menurun dan pada akhirnya bisa menimbulkan masalah kesehatan dan kulit. Penurunan hormon tubuh ini bisa terjadi baik secara langsung maupun tidak langsung dan jika terus-menerus terjadi maka kulit bisa mengalami kerusakan dan menua.
4. Makanan
Makanan berperan penting untuk mencegah berbagai macam penyakit, membantu menjaga kesehatan kulit dan tentunya bisa mencegah penuaan. Jika kita mengkonsumsi makanan kurang sehat, maka kesehatan kulit juga terganggu dan salah satunya kita lebih mudah mengalami penuaan.

Kandungan ikan tuna

Ikan tuna bukan hanya mengandung protein, namun ada banyak sekali nutrisi pada ikan ini. Tuna adalah jenis ikan dari keluarga Scombroidea yang mengandung protein sekitar 26 gram pada 100 gram tuna. Bukan hanya itu, kita bisa memanfaatkan ikan ini untuk mencegah penuaan dini dengan mengetahui beberapa kandungan nutrisi dalam 100 gram tuna jenis Bluefin dibawah ini. 
   Kandungan Nutrisi 100 gram Ikan Tuna Bluebin
Komposisi
Nilai Gizi
Satuan
Energi
121
kalori
Protein
22,6
gr
Lemak
2,7
gr
Kalsium
8,0
gr
Fosfor
190
mg
Sodium
90
mg
Besi
2,7
mg
Retinol
10
mg
Riboflavin
0,06
mg
Niasin
10
mg
Thiamin
0,1
mg
Abu
1,2
gr
     Source  : Depr of Health, Education and Walfare
Kandungan nutrisi pada ikan tuna bukan hanya sangat menyehatkan tubuh tapi juga membuat kulit cantik dan awet muda. Daging tuna berwarna merah dan bagian ikan tuna yang bisa kita konsumsi sekitar 60%. Salah satu bagian yang sangat penting saat kita mengkosumsi ikan tuna adalah retinol. Vitamin A atau retinol adalah bagian penting yang bisa membantu

Manfaat Retinol untuk kecantikan

Retinol merupakan salah satu biomolekul aktif yang terdapat pada vitamin A. Retinol merupakan vitamin yang sangat baik untuk melawan penuaan dini. Retinol adalah antioksidan yang mampu melindungn kulit dari berbagai kerusakan. Biomolekul aktif ini memiliki struktur yang sangat kecil sehingga lebih mudah diserap oleh kulit kulit.
Beberapa manfaat retinol untuk kecantikan diantaranya:
1. Mencegah kulit keriput
Retinol adalah antioksidan terbaik sehingga menjadi pelindung yang sangat ampuh terhadap radikal bebas. Retinol membantu meningkatkan produksi kolagen dalam kulit yang sangat penting untuk mengatasi kulit keriput.
2.. Menghilangkan flek hitam
Retinol sangat mudah diserap oleh kulit, jika kita mengkonsumsi sumber makanan yang mengandung retinol, hal ini bisa membantu melawan flek hitam. Vitamin A atau retinol berperan penting dalam pembentukan kolagen lebih cepat. Semakin banyak kolagen dalam kulit maka semakin sehat dan cerah kulit kita. Hal ini bisa mengurangi flek hitam atau bintik kecoklatan akibat radikal bebas. Retinol juga banyak dimanfaatkan untuk treatment kecantikan untuk mengatasi masalah kulit. 
3. Membuat kulit lebih cerah
Mencerahkan kulit bisa juga dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung retinol. Pada beberapa produk kecantikan, retinol dengan tambahan AHA mampu membuat kulit lebih cerah. Retinol merangsang pembentukan kolagen, sedangkan kita tahu bahwa kolagen mampu mencerahkan kulit. Jadi, sangat tepat jika kita mengkonsumsi makanan yang mengandung retinol untuk mencerahkan kulit.
4. Mengatasi tanda-tanda penuaan dini
Penuaan dini sering ditandai kulit yang kusam, terdapat bintik-bintik hitam dan coklat, kerutan dan kulit mengendur. Retinol adalah salah satu vitamin yang bisa membantu mencegah penuaan dini dengan mudah. 
5. Mengatasi jerawat
Retinol bukan hanya mengatasi penuaan namun juga bisa mengatasi jerawat, hal ini karena retinol mempercepat pembentukan kolagen. Dengan kolagen kulit menjadi sehat dan bebas dari berbagai masalah seperti halnya jerawat.

Batas aman konsumsi ikan tuna

Sekalipun ikan tuna menjadi salah satu sumber retinol yang baik, bukan berarti kita harus mengkonsumsinya dalam jumlah banyak. Saat ini, banyak ikan tuna yang mengandung merkuri, sednagkan merkuri sangat berbahaya bagi kesehatan dan kulit. Setiap jenis ikan tuna memiliki kadar merkuri yang berbeda. Menurut FDA Amerika, kadar merkuri pada ikan tuna yang aman dikonsumsi sekitar 0,018 ppm-0,774 ppm. Kita bisa mengkonsumsi sekitar 100 gram ikat tuna sirip untuk mencukupi kebutuhan retinol dan nutrisi lainnya.
Retinol adalah salah satu cara mencegah penuaan dini yang sangat mudah kita dapatkan. Karena itu, Anda juga bisa mengkonsumsi makanan sumber retinol yang bervariasi agar awet muda disamping melakukan perawatan di klinik kecantikan terbaik.