Kadar konsumsi gula yang baik dikonsumsi setiap hari, kira-kira berapa ya? Mungkin kita sering takut ketika mengkonsumsi makanan yang manis. Hal ini sangat erat kaitannya dengan berat badan. Kenaikan berat badan sering dikaitkan dengan konsumsi makanan manis yang mengandung kadar gula tinggi. Bukan hanya itu, gula juga menjadi salah satu faktor penyebab berbagai penyakit diantaranya diebetes dan obesitas. Jadi, kita memang harus memperhatikan berapa banyak konsumsi gula setiap hari agar terhindar dari masalah kesehatan dan kegemukan.
Salah satu jenis gula yang sering kita konsumsi adalah gula pasir, gula ini sangat mudah didapatkan. Dengan harga yang relatif terjangkau, masyarakat bisa membelinya dengan mudah dan mengkonsumsinya. Sayangnya, tidak semua orang mengetahui berapa kadar konsumsi gula yang baik. Sekalipun banyak kontroversi masalah konsumsi gula, sebenarnya gula juga sangat baik untuk tubuh kita. Gula mengandung energi, karbohidrat, protein, lemak dan mineral. Gula juga menjadi salah satu sumber karbohidrat yang tidak mudah dicerna, hal ini karena gula mengandung sukrosa. Karena terdapat sukrosa, hal inilah yang menyebabkan terjadinya gula darah karena gula sukar dicerna. 
Jika kita mengkonsumsi jenis gula yang memiliki kadar kemanisan tinggi, maka gula darah bisa meningkat dengan cepat. Kita bisa memilih beberapa jenis gula yang memiliki kadar kemanisan lebih rendah. Anda bisa membaca “Ini Alasannya Mengapa Gula Bisa Bikin Gemukâ€� untuk mengetahui jenis gula apa saja yang memiliki kandungan kemanisan rendah. 
Kadar konsumsi gula tiap hari 
Setiap hari, kita bisa mendapatkan energi dari konsumsi gula, namun hal ini boleh kita lakukan hanya dalam batas kewajaran. Kita bisa mengkonsumsi gula perhari sekitar 90 gram, baik gula yang dikonsumsi langsung ataupun dari makanan dan minuman manis. Selebihnya, hal ini bisa menjadi masalah bagi kesehatan kita sendiri. Sebenarnya, kita bisa mengganti konsumsi gula dengan gula alami yang jauh lebih aman. Kebanyakan, masyarakat mengkonsumsi gula pasir sekalipun gula tersebut dari sari tebu. Konsumsi gula pasir tetap harus kita kontrol, jangan sampai melebihi batas konsumsi tersebut. 
Manfaat konsumsi gula 
Ketika kita mengkonsumsi gula dengan kadar yang sesuai, maka kita akan mendapatkan beberapa manfaat diantaranya:
1.    Menambah energi
Konsumsi gula dalam jumlah yang tepat membantu kita mendapatkan energi setiap hari. Gula yang kita konsumsi di dalam tubuh akan di ubah menjadi glukosa dan menghasilkan energi yang dibutuhkan tubuh.
2.    Mencerdaskan otak
Konsumsi gula ternyata juga bisa mencedaskan otak, asalkan kita tau berapa kadar konsumsi gula yang tepat. Kerja otak juga dipengaruhi oleh gula sehingga setiap hari kita memang harus mengkonsumsi makanan manis atau yang mengandung gula.
3.    Membantu menstabilkan tekanan darah
Mengkonsumsi gula juga bisa menstabilkan tekanan darah sehingga kita tidak mengalami tekanan darah rendah. Kekurangan asupan gula bisa menyebabkan tekanan darah redah yang bisa ditandai dengan pusing atau mual.
4.    Menghilangkan stress
Konsumsi makanan dan minuman manis atau yang mengandung gula, hal ini sangat membantu kita mengatasi stress. Gula membantu merilekskan otak sehingga kita merasa lebih nyaman setelah mengkonsumsinya.
Efek konsumsi gula berlebih 
Ketika kita mengkonsumsi gula dengan kadar tinggi atau lebih dari 90 gram perhari, hal ini bisa menimbulkan masalah kesehatan. Banyaknya masyarakat yang tidak mengetahui berapa kadar konsumsi gula setiap hari, hal inilah yang memicu mereka mengkonsumsi gula berlebih. Padahal, konsumsi gula berlebih bisa menyebabkan beberapa masalah diantaranya:
1.    Menimbulkan hipertensi
Hipertensi juga disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi gula, karena gula tidak mudah dicerna, hal ini menyebabkan kadar gula dalam darah menjadi bertambah. 
2.    Menimbulkan obesitas
Sudah pasti, karena gula mengandung karbohidrat, lemak dan energi maka semakin banyak Anda mengkonsumsi gula maka semakin mudah Anda menjadi gemuk.
3.    Merusak kerja otak
Konsumsi gula memang membantu kerja otak, tapi jika kita mengkonsumsinya dalam jumlah berlebih hal ini justru membuat kerja otak bermasalah. Sel-sel otak bisa bermasalah ketika kandungan gula pada tubuh semakin bertambah.
4.    Merusak gigi
Gula menyebabkan kerusakan pada gigi, hal ini bukan hanya terjadi pada anak-anak saja, tapi kita sebagai orang dewasa juga bisa mengalaminya.
Agar kita bisa mendapatkan manfaat gula lebih banyak maka kita harus mengetahui kadar konsumsi gula yang dianjurkan