Makanan manis yang tak bikin gemuk, kira-kira apa ya? Banyak diantaa kita yang ingin mengkonsumsi makanan manis, tapi pertimbangan berat badan selalu menjadi nomor satu. Pada akhirnya, kita harus mengalah untuk tidak mengkonsumsinya. Makanan manis menjadi salah satu makanan yang tidak boleh dimakan dalam jumlah berlebih. Bukan hanya karena Anda sedang diet, tapi karena makanan tersebut bisa menjadi musuh kita. Sebagian besar, makanan manis memang sangat lezat, bahkan menggugah selera kita dan menimbulkan ketagihan. Seperti halnya cake, pasti Anda juga menyukainya, bukan?
Cake, permen atau makanan yang mengandung gula, hal ini harus kita hindari. Bukan berarti  tidak mengkonsumsinya, tapi kita bisa mengkonsumsinya sebatas kewajaran saja. Ketika mengkonsumsi makanan manis berlebih, berat badan menjadi lebih mudah naik. Setiap hari kita membutuhkan makanan atau minuman yang mengandung gula, hal ini karena tubuh kita membutuhkannya. Tapi, kita harus mengetahui berapa kadar gula pada makanan manis yang bisa dikonsumsi setiap hari. Agar tidak berbahaya, kita bisa melihat kadar konsumsi gula pada ulasan ini â€�Kadar Konsumsi Gula Yang Tidak Bikin Gemukâ€�.
Untuk mencegah bahaya terhadap kelebihan konsumsi gula pada makanan manis, kita bisa mengganti makanan tersebut dengan makanan manis yang tak bikin gemuk. Makanan tersebut adalah kurma. Buah kurma adalah makanan yang mais dan banyak dijumpai saat bulan ramadan.
Kandungan gizi kurma 
Memilih kurma sebagai makanan pengganti cake atau makanan manis lainnya memang sangat tepat. Hal ini karena kandungan gizi pada kurma jauh lebih baik dibandingkan makanan olahan lain yang mengandung gula. Kurma memang sangat manis, bahkan menyamai manisnya gula. Tapi, konsumsi kurma jauh lebih aman dibandingkan konsumsi gula. Buah kurma yang dikeringkan terdapat vitamin A, riboflavin, tiamin, kalium, salisilat, serat dan niasin. Kandungan kalium pada buah kurma sangat tinggi, hal inilah yang menyebabkan konsumsi kurma dalam jumlah lebih tidak menimbulkan tekanan darah tinggi. Kalium pada buah kurma justru membantu menurunkan tekanan darah sehingga buah ini sangat cocok bagi penderita hipertensi.
Manfaat kurma 
Kurma adalah makanan manis yang tidak bikin gemuk, karena itu kita bisa mengkonsumsinya sekalipun saat diet. Banyak manfaat yang kita dapatkan dengan rutin mengkonsumsi buah yang banyak di jumpai di negara Arab Saudi tersebut. Beberapa manfaat kurma dijelaskan dibawah ini.
1.    Mengatasi hipertensi
Bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi, Anda bisa mengkonsumsi kurma. Buah ini mengandung kalium yang yang membantu menurunkan tekanan darah tinggi. 
2.    Mengatasi nyeri
Ketika kita merasa nyeri pada bagian tubuh, atau mengalami luka, konsumsi buah kurma juga sangat membantu untuk mengatasi masalah tersebut. Buah kurma mengandung asam salisilat yang mampu mencegah terjadinya pembekuan pada darah. Kurma juga mampu mencegah ngilu pada persendian.
3.    Sebagai menu diet
Kita juga bisa menjalani diet sehat dengan mengkonsumsi kurma karena buah ini kaya serat. Makanan manis yang tidak bikin gemuk ini bisa kita konsumsi sebagai camilan pengganti makanan atau minuman manis. Konsumsi kurma setiap hari membantu melancarkan buang air besar, hal ini karena kurma membantu kerja usus. Kita juga terhindar dari sembelit jika teratur mengkonsumsi kurma.
4.    Mencegah infeksi
Kandungan asam salisilat pada kurma sangat baik untuk mencegah terjadinya infeksi. 
Dengan memilih buah kurma, maka kita bisa mendapatkan tubuh langsing dan sehat. Buah ini sangat baik untuk menggantikan makanan manis terutama makanan siap saji. Jika kita takut berat badan naik karena konsumsi makanan manis, maka sebagai gantinya kita bisa mengkonsumsi buah kurma. Dengan harga yang murah dan mudah didapatkan, makanan manis yang tidak bikin gemuk ini bisa menjadi pengganti konsumsi gula berlebih.