Treatment cara menghilangkan jerawat paling cepat adalah treatment yang banyak dicari terutama kaum wanita. Beberapa treatment yang bisa kita pilih saat ini memberikan berbagai penawaran terbaik sehingga kita tidak perlu bingung untuk mengatas berbagai masalah kulit. Salah satu masalah kulit yang menimbulkan kecemasan adalah bekas-bekas jerawat. Wajah yang cantik bisa menjadi kurang cantik bahkan menjadi masalah psikologis ketika muncul bekas jerawat. Karena itulah, berbagai treatment modern sangat membantu mengatasi masalah jerawat dan bekasnya. 

                                gambar diambil dari www.whitethornmediclinic.co.uk
Beberapa treatment cara menghilangkan jerawat yang telah disediakan di salon dan klinik kecantikan seperti treatment plasma darah, treatment kolagen, vitamin C maupun filler, treatment tersebut bisa memberikan hasil yang lebih cepat. Perawatan untuk menghilangkan bekas jerawat lainnya adalah dengan memanfaatkan tretionin. Dalam dunia kecantikan tretionin banyak dimanfaatkan untuk produk perawatan kulit terutama untuk kosmetik wajah. 
Apa itu tretinoin
Tretinoin merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi jerawat, namun penggunaan obat ini harus dengan resep dokter. Tretionin pada awalnya digunakan untuk membantu permasalahan jerawat. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi kecantikan, tretinoin juga digunakan dalam berbagai masalah kecantikan. Tretinoin atau yang dikenal dengan nama retinoid merupakan jenis obat yang bekerja cepat untuk regenerasi sel-sel kulit. Penggunaan tretonoin dalam dunia kecantikan tidak boleh sembarangan, hal ini karena tretinoin memiliki efek tertentu setelah pemakaian. Treatment baru menghilangkan jerawat ini bisa membantu mempercepat hilangnya jerawat pada wajah. Penggunaan tretinoin bisa menyebabkan terjadinya purging.
Tretinoin bisa dikombinasikan dengan antibiotik untuk mengobati peradangan oada jerawat. Untuk mengatasi jerawat, obat ini harus dibawah resep dokter karena tretonoin memiliki efek pengelupasan pada kulit. Jika kita memiliki kulit yang sangat sensitif maka pemakaian tretinoin harus dengan resep dokter atau dibawah penanganan dokter. Untuk beberapa treatment, pengelupasan saat penggunaan tretinoin ini sangat bagus karena bisa membantu pengangkatan sel-sel kulit mati. Treatment cara menghilangkan jerawat ini mampu meningkatkan proses pembelahan sel-sel kulit. 
Manfaat tretinoid
1. Mengatasi jerawat

Jerawat bisa disebabkan oleh makanan, faktor hormonal, kosmetik dan gaya hidup. Tretinoin merupakan obat yang sangat efektif untuk mengatas jerawat dan peradangan jerawat. 
2. Mengatasi flek hitam

Tretinoin sering digunakan untuk produk kecantikan penghilang flek-flek hitam, hal ini karena tretinoin mampu mengangkat sel-sel kulit mati, mengelupaskan kulit terluar sehingga bisa menghilangkan flek hitam dengan cepat. 
3. Mencerahkan wajah

Tretinoin membantu proses pembentukan kolagen yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan kulit. Semakin banyak kolagen dalam kulit maka semakin bagus dan cerah kulit kita. Selain itu, efek pengelupasan kulit oleh tretinoin juga membantu mengangkat sel kulit mati yang menyebabkan kulit kusam dan gelap. Tretinoin bukan hanya merangsang pembentukan kolagen saja namun juga membantu pertumbuhan fibroblas.  
4. Mengencangkan wajah

Efek penggunaan tretinoin adalah pengelupasan pada lapisan kulit luar, selain itu penggunaan tretinoin juga membantu untuk meningkatkan produksi kolagen sehingga membantu mengencangkan wajah. 
5. Menghilangkan bekas jerawat

Tidak mudah menghilangkan bekas jerawat, namun dengan memanfaatkan tretinoin masalah kulit tersebut bisa dengan cepat teratasi. Agar hasilnya lebih cepat maka penggunaan tretinoin ini bisa dilakukan setelah peeling. Setelah kulit wajah menjalani peeling, kita bisa menggunakan tretinoin. Hal ini bisa mempercepat pembentukan kolagen serta mempercepat pertumbuhan sel-sel kulit baru. Dibandingkan dengan bahan lainnya yang digunakan untuk perawatan wajah, penggunaan tretinoin jauh lebih cepat kerjanya. 
Dosis dan kontra indikasi
Penggunaan tretinoin bukan hanya untuk mengatasi jerawat namun obat ini juga sering digunakan untuk mencerahkan kulit. Pada beberapa produk yang beredar dipasaran, kandungan tretinoin pada produk tersebut paling tinggi sekitar 0,1%. Penggunaan obat ini sering campur dengan bahan lain atau bisa juga menjadi bahan tunggal. Penggunaan tretinoin harus tepat karena obat ini bisa menyebabkan iritasi, kemerahan, hiperpigmentasi dan juga alergi lainnya. Tretinoin tidak disarankan untuk ibu hamil, ibu menyusui dan bagi mereka yang memiliki kulit sangat sensitif. Penggunaan tretinoin adalah untuk mengatasi jerawat yang berat saja. 
Untuk mengatasi jerawat, penggunaan obat ini bisa dilakukan pada malam hari sebelum tidur. Obat ini bisa dioleskan tipis-tipis pada area yang berjerawat. Setelah pemakaian tretinoin, wajah justru mengalami purging atau muncul jerawat yang lebih banyak. Jika Anda mengalami hal demikian maka hal ini adalah reaksi dari tretinoin tersebut. Jika terjadi purging, Anda bisa tetap melanjutkan pemakaian tanpa harus menambah dosis pemakaian tretinoin. Untuk mengatasi jerawat, penggunaan obat ini membutuhkan waktu sekitar 3 bulan pemakaian.
Cara aman menggunakan tretinoin
1. Konsultasi dengan dokter
Tretinoin adalah treatment menghilangkan jerawat yang bisa kita coba, namun untuk lebih amannya, kita harus berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter ahli. Penggunaan tretinoin harus dibawah resep dokter, hal ini untuk mencegah efek samping yang mungkin bisa terjadi sekalipun tidak semua orang mengalaminya. 
2. Pemakaian yang tepat
Memakai tretinoin yang tepat adalah dengan membersihkan wajah dan biarkan selama 15 menit. Setelah 15 menit barulah kita bisa memakai tretinoin pada area yang berjerawat. Kita bisa mengoleskan tretinoid secara tipis-tipis, 2 hingga 3 kali sehari. 
3. Hindari pemakaian tretinoin dengan obat lain
Pemakaian tretinoid tidak boleh dibarengi atau dicampur dengan salicid acid ataupun benzoyl peroxide. Treatment menghilangkan jerawat tretinoid jika dicampurkan dengan salicid acid ataupun obat lainnya, hal ini bisa menimbulkan iritasi.