Bahan herbal adalah cara menghilangkan jerawat alami yang bisa kita coba di rumah. Jerawat memang bukan penyakit kronis, tapi masalah kulit ini memang harus ditangani dengan cepat. Jika kita ingin memilih perawatan yang modern, maka saat ini banyak klinik kecantikan yang menyediakan berbagai cara menghilangkan jerawat modern. Tapi, kita harus meyiapkan dana jika ingin menghilangkan jerawat dengan cara modern tersebut. Bagaimana jika kita memilih cara tradisional? Untuk mengatasi masalah kulit satu ini, kita juga bisa memanfaatkan bahan-bahan herbal yang mudah didapatkan.
Beberapa bahan herbal adalah cara menghilangkan jerawat yang murah dan bisa memberikan hasil lebih cepat jika kita rutin menggunakannya. Dulu, banyak orang yang justru menggunakan bahan-bahan alami atau herbal untuk mengobati berbagai penyakit seperti halnya penyakit kulit ini. Jerawat bisa muncul di permukaan kulit terutama wajah karena banyak hal. Beberapa produk kecantikan yang kita gunakan bisa menjadi salah satu penyebab jerawat, tapi kadang kita tidak menyadarinya. Karena itu, untuk mencegah dan mengatasi jerawat, kita bisa memilih beberapa bahan herbal seperti bawang putih, kemangi, spearmint, jahe dan serai.
Bawang Putih
Bawang putih adalah salah satu bumbu dapur yang bisa kita gunakan untuk menghilangkan jerawat. Kandungan nutrisi pada bawang putih diantaranya energi, karbohidrat, protein,lemak, serat, vitamin dan mineral serta beberapa elektrolit lainnya. Vitamin pada bawang putih diantaranya folate, niacin, pontothenic acid, pyridoxine, robloflavin, thiamin, vitamin A, vitamin C, vitamin E dan vitamin K. Kandungan vitamin C pada 100 gram bawang putih sebanyak 31,2 mg. Salah satu faktor penting untuk mencegah dan mengatasi jerawat adalah vitamin C. Karena bawang putih mengandung vitamin C maka kita bisa memanfaatkannya sebagai cara menghilangkan jerawat yang aman dan mudah.
cara menghilangkan jerawat manfaat bawang putih

                                     gambar diambil dari womenonthefence.com
Selain vitamin C, bawang putih juga memiliki sifat antibakteri dan anti jamur hal ini sangat membantu kulit wajah yang berjerawat. Bawang putih adalah sumber vitamin C yang bisa mencegah inflamasi karena radikal bebas. 
Cara menghilangkan jerawat dengan bawang putih:
Kita bisa mengoleskan bawang putih pada bagian kult wajah yang berjerawat. Biarkan selama 15-20 menit agar kandungan antibakteri bawang putih meresap pada kulit, setelah itu bersihkan wajah. Lakukan cara ini sehari 2-3 kali untuk hasil terbaik.
Kemangi
Kemangi adalah daun yang kaya nutrisi dan memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Kemangi juga mengandung vitamin C yang jauh lebih tinggi dibandingkan bawang putih. Dalam 100 gram kemangi terdapat 18 mg vitamin C,  5275 IU vitamin A dan 414,8 µg vitamin K. Beberapa jenis vitamin tersebut sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit dan juga untuk menghilangkan jerawat. Selain itu, kemangi juga mengandung zinc yang sangat baik untuk menghilangkan jerawat. Kemangi bisa kita konsumsi langsung sebagai lalapan, atau bisa juga kita membuat beberapa olahan dengan campuran kemangi. 
cara menghilangkan jerawat  manfaat kemangi

                                   gambar diambil dari  publicdomainpictures.net

Berikut cara menghilangkan jerawat dengan kemangi:
1. Ambil 2 gelas air kemudian masukkan 1 cangkir daun kemangi
2. Didihkan air dan daun kemangi
3. Setelah mendidih beberapa saat, saring airnya
4. Gunakan air kemangi tersebut untuk mencuci muka
5. Lakukan cara di atas setiap hari agar jerawat bisa segera hilang
Spearmint
Spearmint adalah daun mint yang banyak ditemukan di pegunungan Mediterania. Spearmint adalah salah satu keluarga daun mint, daun ini sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Kita bisa mengatasi jerawat dengan memanfaatkan kandungan vitamin dan mineral pada spearmint. Daun yang termasuk dalam family Lamiaceae ini memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C  yang bermanfata untuk kesehatan kulit. Dalam 100 gram spearmint mengandung vitamin A sebanyak 4054 IU, vitamin C sebanyak 13,3 mg serta mengandung zinc sebanyak 1,09 mg. Spearmint mengandung menthol yang bisa membantu mengatasi peradangan pada era yang berjerawat. 
cara menghilangkan jerawat manfaat spearmint

                                         gambar diambil dari publicdomainpictures.net

Cara menghilangkan jerawat dengan daun spearmint:
1. Ambil 1 cangkir daun spearmint
2. ½  sendok teh garam
3. Haluskan daun spearmint, tambahkan garam
4. Bersihkan wajah dengan air hangat
5. Oleskan bagian wajah yang berjerawat dengan daun spearmint, biarkan selama 30 menit
6. Setelah 30 menit, bersihkan wajah 
7. Lakukan cara di atas secara rutin, bisa 2 hari sekali untuk hasil terbaik
Nb : Saat pemakaian daun spearmint dan garam, kulit wajah yang berjerawat atau meradang akan terasa gatal atau pedih, hal ini karena reaksi daun mint pada jerawat tersebut.
Daun Tarragon
Daun tarragon adalah tanaman herbal yang ternyata mengandung vitamin C dan vitamin A cukup tinggi. Dalam 100 gram daun tarragon terdapat 50 mg vitamin C, selain itu juga terdapat 4200 IU vitamin A. Kandungan zinc atau seng pada 100 gram daun tarragon adalah sekitar 3,9 mg. Vitamin A, vitamin C dan zinc merupakan nutrisi terbaik untuk mencegah dan mengatasi jerawat. Karena itu, memanfaatkan daun tarragon adalah cara yang tepat untuk megusir jerawat.
cara menghilangkan jerawat manfaat dan tarragon

                                                gambar diambil dari en.wikipedia.org

Cara menghilangkan jerawat dengan daun tarragon:
1. Ambil 1 cangkir daun tarragon
2. ½ sendok makan air jeruk nipis
3. Haluskan daun tarragon, tambahkan air jeruk nipis
4. Setelah wajah dibersihkan, oleskan bagian wajah yang berjerawat dengan daun tarragon dan diamkan selama 30 menit, setelah itu bersihkan wajah.
5. Lakukan cara di di atas secara teratur untuk hasil terbaik
Bagaimana, sangat mudah bukan cara menghilangkan jerawat dengan bahan heral di atas?