Saat menjalani diet, kita membutuhkan makanan sumber energi terbaik. Sekalipun diet yang Anda jalani mengharuskan Anda untuk mengurangi beberapa makanan, namun bukan berarti kita harus menghilangkan beberaoa nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Tanpa energi, kita tidak akan bisa beraktivitas dengan lancar. Energi dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas, proses metabolisme dan beberapa hal lainnya. Jika tubuh kekurangan energi, hal ini menyebabkan kita menjadi lemas, lelah dan kurang konsentrasi. Efek buruknya, kita menjadi mudah sakit dan diet yang kita jalani tidak akan memberikan hasil.
Bagaimana kita mencukupi kebutuhan energi saat diet dengan makanan sumber energiyang tidak bikin gemuk? Ada banyak sekali makanan sumber energi yang sangat baik kta konsumsi saat diet. Tapi, kita harus memilih makanan yang sehat dan tidak membuat berat badan naik. Beberapa makanan memang mengandung kalori yag sangat tinggi, tapi makanan tersebut berlemak dan rendah serat. Saat diet, kita harus mencukupi kebutuhan serat harian dan energi. Serat membuat kita kenyang lebih lama sehingga kita tidak akan mudah lapar, sedangkan energi sangat kita butuhkan untuk beraktivitas.
Kebutuhan Serat Dan Energi Harus Balance
Agar Diet Anda Sukses
Saat diet, ada beberapa makanan yang harus kita ganti agar berat badan kita tidak mudah naik. Demikian juga makanan sumber energi, kita harus memilih makanan yang rendah lemak, bebas kolesterol namun kaya serat dan energi. Masing-masing orang memiliki kebutuhan energi yang berbeda-beda, hal ini tergantung dari usia, tinggi badan dan berat badan yang dimiliki. Jadi, saat menjalani diet, kita bisa mengukur berapa besar kebutuhan energi setiap hari dengan melihat tinggi badan, berat badan dan usia kita.
makanan sumber energi  terbaik

gambar diambil dari healthplus.vn
Menurut hasil analisis Angka Kecukupan Gizi (AKE) tahun 2012, lak-laki usia 19- 49 tahun, mereka membutuhkan energi setiap hari antara  2739 kkal-2620, sedangkan laki-laki usia 50 tahun ke atas membutuhkan energi sebanyak 2331 kkal-1530 kkal. Untuk perempuan, kebutuhan energi usia 19-49 tahun adalah sekitar 2268 kkal-2166 kkal. Sedangkan perempuan usia 50 tahun ke atas membutuhkan energi setiap hari sekitar 1920 kkal-1421 kkal.
5 Sayuran Terbaik Sebagai Sumber Energi Saat Diet
Yang Tak Bikin Gemuk
Jika kita ingin menurunkan berat badan dengan cepat, maka kita harus lebih banyak konsumsi sayur yang mengandung serat tinggi dan energi. Beberapa sayur yang kita bicarakan dibawah ini adalah sayur labu, sayur brussel, wortel, brokoli dan kubis.
Labu
Lalu adalah sayur yang memiliki kandungan energi tinggi, dalam 100 gram labu terdapat energi sekitar 45 kkal. Selain itu, labu adalah sayur yang kaya nutrisi seperti vitamin, mineral dan phyo-nutrients lainnya. Sayuran ini adalah makanan sumber energi yang mengandung vitamin A sangat tinggi. Kita bisa mendapatkan vitamin A sebanyak 10630 IU pada 100 gram labu segar. Selain vitamin A, labu juga mengandung volate, niasin, thiamin, vitamin C, vitamin E dan vitamin K.
Sayur Brussel
Brussel adalah jenis sayur yang sangat baik kita konsumsi saat diet. Sayuran ini mengandung nutrisi yang lengkap saat kita diet. Dalam 100 gram sayur brussel terdapat sekitar 43 kkal energi. Selain itu sayuran ini juga mengandung karbohidrat, protein, serat, vitamin dan mineral. Kita bisa mendapatkan serat pada  100 gram sayur brussel sekitar 3,8 gram. Sayuran ini kaya lutein-zeaxanthin yang mencegah penyakit degenerasi. Selain itu phyto-nutrient ini juga menjadi antioksidan terbaik untuk mencegah bahaya UV.
Wortel
Wortel bisa dikonsumsi langsung, dimasak ataupun kita bisa membuat jus segar. Sayuran ini mengandung energi yang sangat baik untuk kebutuhan diet kita. Makanan sumber energi ini mengandung 41 kkal energi per 100 gram-nya. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan serat sebanyak 2,8 gram, 16706 IU vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E dan vitamin K. Kandungan vitamin A pada wortel sangat tinggi sehingga membantu melindungi kulit dari kerusakan,kanker kulit dan juga mencegah berbagai penyakit karena radikal bebas.
Brokoli
Mengkonsumsi sayur brokoli sangat baik untuk diet kita. Brokoli banyak dimanfaatkan sebagai salah satu cara menurunkan berat badan karena kandungan serat dan nutrisi didalamnya. Dalam 100 gram brokoli terdapat energi sebanyak 34 kkal dan serat sebanyak 2,6 gram. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan berbagai jenis vitamin dari sayur sehat ini. Brokoli kaya folate, potasium, vitamin K dan vitamin C, kandungan vitamin K pada sayur ini membantu menjaga kesehatan tubuh setiap hari.
Bagaimana, sangat mudah bukan mendapatkan makanan sumber energi yang sangat membantu program diet kita? Anda bisa mengkonsumsi beberapa sayur di atas  jika ingin sehat dan bugar saat menurunkan berat badan.