Apakah penyebab rambut rontok yang Anda alami setiap hari? Benarkah rambut Anda rontok tanpa sebab apapun? Rasanya sangat disayangkan jika setiap hari Anda harus melihat rambut indah yang selama ini Ada rawat terus menerus rontok. Ketahuilah bahwa kerontokan rambut yang tidak segera di atasi bisa menimbulkan masalah yang lebih serius. Kerontokan rambut bisa menyebabkan kebotakan dan Anda pasti tidak menginginkan hal ini, bukan? Karena itu, sangat penting bagi kita untuk mengetahui apa saja yang bisa menyebabkan rambut mudah rontok.
Kerontokan memang menjadi masalah yang sering dialami oleh siapa saja, pria maupun wanita. Rambut yang kita miliki memiliki pertumbuhan yang dipengaruhi oleh sel papila pada dermis. Sel tersebut berfungsi untuk mengontrol epitel, selain itu sel papila juga mempengaruhi siklus rambut. Jika setiap hari rambut rontok dalam jumlah berlebih, mungkin Anda harus memahami beberapa penyebab rambut rontokdibawah ini.
1. Hormon
Beberapa jenis hormon yang berperan penting dalam pertumbuhan rambut adalah estrogen, tiroksin, androgen maupun kartikosteroid. Jika terjadi masalah pada beberapa hormon tersebut maka pertumbuhan rambut menjadi terhambat. Pada wanita, hormon androgen bisa menyebabkan hirsutisme sedangkan hormon estrogen bisa memperlambat pertumbuhan rambut. Pada pria, hormon androgen membantu mempercepat pertumbuhan dan juga untuk mempertebal rambut pada kumis, dada, ketiak dan rambut kemaluan. Jika terjadi masalah pada hormon-hormon tersebut maka rambut bisa mengalami kerontokan.
penyebab rambut rontok

                                               gambar diambil dari cdn.shopify.com
2. Nutrisi
Bukan hanya tubuh saja yang membutuhkan nutrisi, tapi rambut juga membutuhkan nutrisi setiap hari. Rambut membutuhkan protein, mineral dan vitamin untuk pertumbuhannya. Jika nutrisi yang dibutuhkan rambut tidak terpenuhi, hal ini bisa menyebabkan rambut mengalami kerontokan. Kurang nutrisi adalah penyebab rambut rontok yang sering kita lupakan. Kerontokan rambut menurut Lily Soepardiman (2010) sering disebabkan karena rambut kekurangan vitamin B12, asal folat dan zat besi. 
3. Kosmetik rambut
Ada cukup banyak kosmetik rambut yang bisa menyebabkan kerontokan dan rambut patah. Kerusakan rambut yang paling banyak ditemukan adalah pada batang rambut. Saat ini ada cukup banyak produk kecantikan rambut yang bisa kita gunakan seperti halnya shampoo, kondisioner dan juga vitamin rambut. Beberapa kosmetik rambut tersebut bisa menjadikan rambut mudah patah dan rontok. 
4. Sinar UVA dan UVB
Paparan sinar mahatari secara langsing bukan hanya menyebabkan kulit rusak, namun sinar matahari yang mengenai rambut juga bisa menjadi penyebab rambut rontok. Sinar UVA dan UVB bisa menyebabkan rambut menjadi kasar, kusam dan mengalami perubahan warna. Salah satu penyebab radikal bebas adalah sinar UVB dan hal ini bisa menyebabkan foto-oksidasi pada bagian keratin rambut. Hal inlah yang bisa menyebabkan kutikula menjadi rusak dan rambut mudah rontok.
5. Terlalu sering menyisir rambut
Kerontokan rambut juga bisa disebabkan karena kita terlalu sering menyisir rambut. Proses penyisiran rambt ini menyebabkan rambut mudah stress dan terjadilah kerusakan rambut. Apalagi jika rambut kita masih basah, maka menyisir rambut basah dengan kuat atau terburu-buru, hal ini menyebabkan rambut mudah patah. Saat basah, rambut menjadi lebih elastis, hal inilah yang menyebabkan rambut lebih mudah patah saat di sisir. Jika kita berulang kali menyisr rambut maka tingkat kerontokan rambut juga semakin besar.
6. Sering berenang
Jika Anda sering berenang, maka hal ini bisa menjadi penyebab rambut rontok. Bukan karena aktivitas tersebut yang menyebabkan rambut rontok, tapi karena air kolam renang yang emngandung klorin. Klorin merupakan antibakteri yang banyak ditemukan pada kolam renang. Klorin bisa menyebabkan kutikula rambut rusak sehingga rambut menjadi kusam dan kering. Zat antibakteri ini juga menyebabkan kutikula membelah sehingga rambut mudah rontok ketika di sisir.
7. Sering mencuci rambut
Mencuci rambut memang sangat baik untuk menghilangkan kotoran, debu dan bakteri pada kulit kepala. Namun, mencuci rambut bisa menjadi penyebab rambut rontok jika Anda tidak membersihkan rambut dengan tepat. Detergen yang terdapat pada shampoo bisa menyebabkan protein pada kutikula hilang. Jika kulit kepala sering bersentuhan dengan detergen shampoo maka semakin lama rambut tidak mendapatkan protein. Hal ini bisa menyebabkan rambut kekurangan protein dan lama-kelamaan bisa mengakibatkan rambut rontok.
Beberapa penyebab rambut rontok di atas harus kita ketahui jika kita ingin mendapatkan rambut sehat setiap hari.