Taukah Anda bagaimana masyarakat Jawa memilih cara mengatasi rambut rontok? Yang pasti mereka tidak menggunakan treatment yang banyak disediakan di klinik kecantikan. Mereka hanya menggunakan bahan alami yang didapatkan disekitarnya. Sayangnya, saat ini masyarakat justru memilih cara-cara modern yang jauh lebih praktis dan memberikan hasil instan. Padahal, cara tradisional yang dipilih oleh masyarakat awa kuno juga sangat efektif untuk mengatasi kerontokan. Banyak bahan alami yang bisa digunakan sebagai obat penumbuh rambut, mengatasi kerontokan, mengatasi ketombe dan perawatan rambut lainnya.
Cara Suku Jawa Mengatasi Rambut Rontok Dengan Cepat

gambar diambil dari hairlossandcare.com
Jika kita memilih cara mengatasi rambut rontok modern, maka kita harus mengeluarkan biaya yang lebih mahal dibandingkan cara tradisional. Beberapa cara tradisional menggunakan bahan alami seperti sayur, buah, tanaman herbal atau biji-bijian yang justru sangat efektif untuk perawatan seluruh tubuh. Bahkan, produk kecantikan yang digunakan artis pun juga berasal dari bahan yang sama. Masyarakat suku Jawa lebih suka dengan bahan tradisional untuk merawat rambut mereka karena dulu memang tidak ada salon atau klinik kecantikans seperti saat ini. Beberapa bahan alami yang banyak digunakan masyarakat Jawa kuno untuk mencegah dan mengatasi kerontokan adalah kemiri dan kedelai.
Kemiri, Bahan Terbaik Atasi Kerontokan Rambut
Biji kemiri merupakan salah satu bahan alami yang sering digunakan untuk memasak, terutama bagi suku Jawa. Biji kemiri menjadi bahan terbaik untuk menyuburukan rambut, mencegah dan mengatasi kerontokan. Kemiri mengandung beberapa mineral diantaranya fosfor, kalium, kalsium dan zat besi. Kemiri juga mengandung karbohidrat, lemak dan protein serta vitamin B1. Kemiri juga mengandung asam amino yang terdiri dari asam asparat dan asam glutamat. Kemiri bukan hanya digunakan untuk bumbu masak saja, namun biji ini juga dimanfaatkan untuk mengatasi rambut rontok
cara mengatasi kerontokan rambut dengan manfaat kemiri

gambar diambil dari krimzalfa.blogspot.com
Menurut Arlene, pada bukunya menyatakat bawah biji kemiri memiliki kandungan minyak kemiri sebanyak 60% hingga 66%. Suku Jawa banyak yang memanfaatkan minyak kemiri untuk mencegah dan mengatasi kerontokan. Minyak kemiri adalah salah satu perawatan rambut tradisional yang bisa kita coba di rumah dengan mudah. Di dalam minyak kemiri terdapat beberapa bahan kimia yang membuat pertumbuhan rambut lebih cepat. Minyak kemiri mengandung asam hidrosianik yang beracun sehingga kita tidak boleh mengkonsumsi kemiri segara langsung. Kemiri memiliki beberapa jenis asam amino yang sangat baik untuk meregenerasi sel dan mengatasi masalah pada tubuh. Beberapa kandungan asam amoni, vitamin dan mineral pada kemiri menurut Arlete (2013) tersaji pada tabel dibawah ini.
             Kandungan Nutrisi Pada 100 Gram Kemiri
Komposisi
Nilai Gizi
Satuan
Karbohidrat
8
gr
Protein
19
gr
Lemak
63
gr
Vitamin B1 (Thiamine)
0,06
mg
Kalsium
80
mg
Fosfor
200
mg
Besi
2
mg
asam glutamat
3,71
gr
Asam Asparat
1,68
gr
Asam Palmitat
55
%
Asam Linoleat
49
%
Asam Linolenat
29
%
Asam Oleat
11
%
Asam Stearat
7
%
   Source : Arlene (2013) journal servieny in lumine veritatis
Cara membuat minyak kemiri
Bahan-bahan:
1. 150 gram kemiri
2. Air (secukupnya saja)
Cara membuat:
1. Halus kasar kemiri dengan menggunakan blender
2. Tambahkan kemiri yang dihaluskan dengan air putih, setelah itu saring dan buang ampas kemiri
3. Air kemiri yang telah didapatkan dari tahap kedua tersebut kemudian dididihkan hingga menjadi minyak. Gunakan wajan untuk mendidihkan air kemiri, proses inimembutuhkan waktu yang lama agar mendapatkan minyak kemiri yang berkualitas.
4. Setelah air kemiri menjadi minyak dan berwarna kecoklatan, diamkan agar dingin. Setelah dingin minyak kemiri menjadi seperti kerak sehingga kita harus memerasnya hingga minyak keluar. Tempatkan minyak kemiri pada botol bersih agar lebih mudah digunakan.
Cara mengatasi kerontokan rambut dengan minyak kemiri sangat mudah, cukup oleskan minyak kemiri pada kulit kepala dan biarkan beberapa saat. Setelah itu bilas rambut dengan air bersih dan shampoo seperi biasa. Selain untuk mengatasi kerontokan rambut, minyak kemiri juga sangat baik untuk menyuburkan rambut. Beberapa produk kecantikan ternama bahkan menggunakan minyak kemiri sebagai bahan utama. Dengan pemakaian teratur, rambut menjadi lebih hitam, lebat dan bebas dari kerontokan.
Bagaimana, sangat mudah bukan mengatasi kerontokan rambut dengan bahan alami seperti halnya suku Jawa?