Jika Anda mencari cara mencerahkan kulit yang lebih baik, maka Anda bisa memilih lutein. Tidak banyak orang yang tau tentang vitamin satu ini, lutein. Tapi, Anda akan sangat senang jika mengetahui bagaimaa hebatnya vitamin ini menjadikan kulit semakin cerah berseri. Lutein adalah salah satu antioksidan alami yang bisa kita dapatkan di alam. Lutein adalah viamin yang bisa mencegah inflamasi dan kanker. Kita bisa mendapatkan vitamin satu ini pada beberapa sayuran hijau seperti brokoli, kale, sawi dan sayuran hijau lainnya.
Sebagai salah satu vitamin yang bisa mencerahkan kulit, lutein juga bisa kita dapatkan pada buah jeruk dan kuning telur. Jika selama ini Anda jarang mengkonsumsi beberapa sayur dan makanan yang mengandung lutein tersebut, Anda bisa mendapatkan lutein pada suplemen kesehatan. Sekalipun suplemen kesehatan tidak begitu penting bagi kita, namun suplemen kesehatan bisa membantu mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh seperti halnya lutein. 
Mengapa Lutein Bisa Mencerahkan Kulit Saya?
Ada cukup banyak sayuran dan buah yang mengandung lutein. Kita bisa mendapatkan vitamin ini dari sayur dan buah serta suplemen kesehatan. Lutein merupakan karoten yang bisa kita dapatkan di alam. Lutein merupakan antioksidan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Sekalipun demikian, lutein juga sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Antioksidan sangat baik untuk melindungi kulit dari radikal bebas. Lutein melindungi sel-sel kulit dari kerusakan setiap hari. Karena itulah, kita bisa memanfaatkan lutein sebagai salah satu cara mencerahkan kulit yang alami. 
Lutein, Antioksidan Terbaik Untuk Mencerahkan Kulit

gambar diambil dari beautifullighterskin.com
 
Lutein memiliki fungsi yang hampir sama dengan vitamn E, kedua viamin ini membantu menjaga kesehatan kulit. Lutein membantu mencegah paparan sinar matahari sehingga melindungi kulit dari kerusakan. Lutein adalah bahan alami yang bisa membantu mencegah kanker kulit. Senyawa karotenoid ini sangat efektif ketika kita mengkonsumsinya bersama dengan makanan yang mengandung lemak. Lutein bisa didapatkan pada retina mata kita. Sekalipun vitamin ini banyak dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan mata, namun lutein juga bisa mencerahkan kulit karena sifatnya sebagai antioksidan tersebut.
Berapa Banyak Lutein Yang Saya Butuhkan?
Dimana Saya Mendapatkan Lutein?
Anda bisa saja mengkonsumsi beberapa sumber lutein setiap hari dalam jumlah banyak, namun hal ini adalah sia-sia. Anda hanya membutuhkan lutein sebanyak 10 mg saja setiap hari. Kita bisa mencukupi kebutuhan lutein setiap hari dengan mengkonsumsi kale, brokoli, bayam atau sumber lutein lainnya. Misalnya saja konsumsi 1 cangkir kale, maka kita bisa mendapatkan 22 mg lutein, padahal kebutuhan luten harian kita hanya sekitar 10 mg saja. Selain pada beberapa sumber makanan seperti sayuran tersebut, kita juga bisa mendapatkan lutein dari suplemen kesehatan.
Beberapa sumber lutein yang baik kita konsumsi setiap hari tersaji pada tabel dibawah ini.
     Sumber Makanan Terbaik Yang Mengandung Lutein
Jenis
Kandungan
Keterangan
Kale
22 mg
1 cangkir (mentah)
Lobak
9 mg
1 cangkir (dimasak)
Sayur Collar
8,7 mg
1 cangkir (dimasak)
Bayam
6,7 mg
1 cangkir (mentah)
Brokoli
3,3 mg
1cangkir (dimasak)
Sayur Brussel
2 mg
1 cangkir (dimasak)
Jagung
1,4 mg
1 cangkir (dimasak)
Kacang polong hijau
0,8 mg
1 cangkir
Telur
0,3 mg
1  butir
Jeruk
0,2 mg
1 buah berukuran sedang
Pepaya
0,2 mg
1 buah berukuran sedang
                               Source : www.draxe.com
Apakah Konsumsi Lutein Sebanyak-Banyaknya
Bisa Membuat Kulit Semakin Cerah?
Konsumsi vitamin apapun sebagai salah satu cara mencerahkan kulit harus ada aturannya. Demikian juga dengan konsumsi lutein, setiap hari kita hanya membutuhkan 6 mg hingga 30 mg saja. Jika konsumsi lutein secara berlebih, hal ini bisa menimbulkan efek samping. Namun, bagi Anda yang memiliki masalah pada mata, konsumsi lutein dalam jumlah lebih sangatlah penting. Beberapa suplemen kesehatan yang mengandung lutein, dalam suplemen tersebut pada umumnya terdapat sekitar 15 mg lutein. 
Sekalipun tujuan Anda adalah untuk mencerahkan kulit, namun yang dibutuhkan oleh tubuh hanya sekitar 6-30 mg saja. Jika kta konsumsi lutein melebihi dosis, maka sisanya akan dibuang atau bahkan mengendap pada tubuh. Hal inilah yang menyebabkan efek samping dan bisa membahayakan kesehatan. Apalagi bagi wanita yang sedang hamil dan menyusui, konsumsi lutein pada masa-masa tersebut harus berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter.
Lutein adalah antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Jika Anda memilih cara mencerahkan kulit dengan konsumsi lutein, maka Anda harus mengkonsumsinya dalam jumlah yang tidak berlebih.