Cara dietyang aman bagi ibu hamil sangat penting, apalagi jika Anda juga sibuk bekerja di kantor. Diet adalah salah satu cara untuk menurunkan badan, tapi kita harus memiih diet yang benar-benar tepat sesuai dengan kondisi kita sendiri. Terutama jika Anda sedang hamil, maka Anda harus memilih diet yang tidak menggangu kondisi janin Anda. Saat hamil, Anda harus mengkonsumsi makanan yang sehat yang dibutuhkan janin dan diri Anda sendiri. Bagaimana dengan berat badan saat hamil?
Hampir semua wanita yang hamil mengalami kenaikan berat badan, hal ini adalah wajar. Sekalipun hamil, Anda bisa memilih cara diet yang tepat agar berat badan tidak mengalami kenaikan yang drastis. Justru, kenaikan berat badan saat hamil justru sangat baik karena menandakan kondisi Anda dan janin yang sehat. Tapi, saat ini banyak ibu hamil yang merasa khawatir dengan keadaan tubuhnya, mereka sering bingung mengalami kenaikan berat badan yang menyebabkan tubuhnya lebih gemuk. 
Bagaimana Jika Saya Ingin Menjaga Berat Badan Saat Hamil?
Bolehkan Saya Diet?
Bagi wanita, berat badan ideal, tubuh yang langsing dan sexy adalah suatu kebanggaan tersendiri. Karena itu, banyak diantara mereka yang kahwatir saat hamil, kenaikan berat badan yang terus-menerus tentu membuatnya khawatir. Tapi, kehamilan adalah anugrah, apakah Anda akan menolaknya karena alasan takut berat badan naik, tentu tidak bukan?? Sekalipun tidak hamil, berat badan pasti akan naik jika Anda tidak menjaganya dengan baik. Jika Anda memilih cara diet yang tepat sebelum dan saat hamil, maka Anda akan merasakan kehamilan yang sangat menyenangkan.
gambar diambil dari www.awomensclub.com
Kenaikan berat badan saat hamil disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah karena Anda membutuhkan asupan nutrisi yang jauh lebih banyak. Yang butuh nutrisi bukan hanya Anda, tapi janin juga membutuhkan nutrisi untuk tumbuh sampia dia dilahirkan. Kondisi inilah yang menyebabkan kenaikan berat badan pada ibu hamil dan menjadi kekhawatiran bagi banyak wanita. Jika Anda selalu peduli dengan penampilan atau saat ini Anda mencari cara yang tepat untuk diet saat hamil, maka Anda bisa memilih beberapa cara diet disini.
Cara diet Sehat Ibu Hamil
Tanpa Kelaparan dan Tidak Membahayakan Janin
Sekarang, Anda bisa memikirkan makanan apa yang akan Anda konsumsi hari ini. Jangan pikirkan berapa kg lagi berat badan Anda akan naik karena beberapa cara diet dibawah ini sangat nyaman Anda lakukan dan tidak membahayakan janin.
1. Konsumsi serat
Serat adalah kunci utama untuk mendapatkan badan ideal, selama kehamilan, Anda bisa mencukupi kebutuhan serat harian. Tak perlu khawatir jika Anda konsumsi sayur dan buah karena kedua bahan makanan ini sangat aman dikonsumsi setiap hari. Anda bisa memilih beberapa sayuran yang mengandung serat tinggi seperti bayam anggur, labu, paprika, kubis, brokoli, wortel, bit, bok choy dan beberapa jenis sayuran lainnya. Setiap hari ibu hamil harus mencukupi kebutuhan serat sekitar 25-35 gram. Dari beberapa makanan tersebut, kita bisa dengan mudah mencukupi kebutuhan serat dan menjalani cara diet yang tepat. Jika ingin menu lain, ibu hamil bisa memilih buah atau biji-bijian yang tinggi serat. 
2. Konsumsi makanan sumber energi
Energi sangat dibutuhkan bagi ibu hamil, dalam sehari ibu hamil membutuhkan total energi sebanyak 2500 kkal. Energi sangat dibutuhkan untuk aktivitas harian ibu hamil,selain itu janin juga membutuhkan energi untuk tumbuh. Beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi saat hamil agar mendapatkan energi yang cukup adalah buah alpukat, kesemek, mangga dan sawo. Selain buah, ibu hamil juga bisa mengkonsumsi beberapa sumber energi lainnya seperti beras putih, beras merah, outmeal dan beberapa makanan berenergi lainnya. 
3. Banyak mium air putih
Minum air putih sangat penting bagi ibu hamil, air putih bukan hanya membantu menjaga kesehatan tubuh. Dengan konsumsi air putih, ibu hamil bisa mendapatkan mineral penting yang dibutuhkan saat hamil. Air putih juga membantu mencegah lapar sehingga kita tidak mengkonsumsi makanan  berlebih. Dalam sehari, kita bisa mengonsumsi 8 gelas perhari, hal ini adalah cara diet ibu hamil yang aman dan mudah.
4. Rutin olahraga
Sekalipun hamil, olahraga tetap bisa dilakukan dan hal ini sangat membantu Anda untuk menjaga berat badan. Anda bisa memilih beberapa olahraga ringan yang tidak membahayakan janin. Olahraga yang cocok untuk ibu hamil diantaranya jogging dan yoga. Kedua jenis olahraga tersebut bisa membantu menjaga kesehatan dan mencegah kenaikan berat badan berlebih.
5. Hindari Stress
Stress bisa menimbulkan kenaikan berat badan dan ibu hamil sangat rawan terhadap masalah ini. Jika Anda stress karena berat badan terus naik, maka cara yang tepat untuk mengatasinya adalah menghilangkan stress tersebut. Seseorang yang memiliki banyak masalah atau sedang stress, hal ini bisa memicu kenaikan badan berlebih. 
Bagaimana, apakah Anda masih bingung memilih cara diet yang tepat saat hamil?