Cara Memutihkan Wajah,  Perawatan Wajah

4 Cara Memutihkan Wajah Super Cepat Yang Harus Anda Ketahui

Cara memutihkan wajah super cepat yang bisa kita pilih adalah dengan menentukan bahan-bahan terbaik dari kosmetik yang kita gunakan. Salah satu hal yang wajib dimiliki oleh wanita adalah kulit yang putih berseri. Kini, banyak klinik kecantikan terbaik yang membantu kita untuk mendapatkan wajah lebih putih dengan cepat. Bukan hanya itu, berbagai produk kecantikan saat ini menggunakan bahan-bahan kimia yang membuat wajah menjadi putih dalam waktu singkat. Sayangnya, kita harus memilih cara yang tepat dan aman untuk mendapatkan wajah putih. 
Wajah yang putih berseri menunjukkan wajah yang sehat sedangkan wajah yang putih pucat tentu saja tidak sedap dipandang dan terlihat kurang sehat. Berbagai produk kecantikan yang beredar dipasaran kadang membuat produk dengan komposisi bahan kimia tertentu agar konsumen yang menggunakannya mendapatkan wajah putih dengan cepat. Hal inilah yang harus kita hindari dan bukan hanya itu, kita juga harus menghindari beberapa bahan kimia untuk memutihkan wajah super cepat.  Setidaknya, ada beberapa bahan yang bisa menyebabkan wajah putih dengan cepat diantaranya arbutin, hidrokuinon, merkuri, asam kojik, vitamin C, asam ellagik dan monobenzyl ether.

Hindrokinon

Bahan kimia yang banyak dimanfaatkan untuk pemutih wajah adalah hidrokinon sekalipun saat ini banyak produk kecantikan yang ditarik dari peredaran kareka mengandung hidrokinon. Tingkat kecepatan hidrokinon dalam memutihkan wajah memang sangat tinggi dibandingkan bahan lainnya. Hidrokinon atau HQ merupakan bahan kimia yang berfungsi memutihkan kulit. Bahan kimia ini bekerja dengan cara menghambar pembentukan melanin bahkan mampu merusak melanin. Hidrokinon bukan hanya mampu memutihkan kulit namun juga menghilangkan flek hitam, kecoklatan dan berbagai flek lainnya. Pada beberapa jenis kosmetik yang dijual bebas dipasaran, penggunaan hidrokinon untuk memutihkan kulit wajah bisa merusak kulit jika digunakan secara berlebih. 
bahaya penggunaan hidrokinon

                                         gambar diambil dari  www.bhphotovideo.com
Hidrokinon merupakan bahan kimia yang sangat mudah teroksidasi jika terkena udara. Bahan ini akan berubah warna menjadi coklat atau kehitaman jika terkena udara, panas ataupun  cahaya. Penggunaan hidrokinon harus dengan resep dokter atau sesuai dengan standart keamanannya. BPOM telah memberikan batasan kandungan hidrokinon pada produk kecantikan tidak boleh lebih dari 2%. Jika penggunaan hidrokinon melebihi ambang batas dan tidak mendapatkan pengawasan dokter, hal ini bisa menyebabkan masalah. Beberapa masalah yang bisa timbul karena penggunaan hidrokinon berlebih diantaranya kulit kemerahan, kulit seperti terbakar, kulit lebih mudah mengalami iritasi, masalah ginjal dan juga ketergantungan.

Merkuri

Merkuri merupakan bahan kimia yang banyak digunakan untuk produk kecantikan, demikian juga dengan pemutih wajah. Cara memutihkan wajah dengan merkuri bukanlah cara yang tepat. Hal ini karena merkuri merupakan logam berat yang jika digunakan berlebih atau di atas ambang batas bisa menimbulkan masalah kulit dan keracunan. Merkuri atau Hg bisa ditemukan di alam, tambang, tanah maupun di air. Logam ini berwarna abu-abu dan tidak berbau. Merkuri bukan hanya dimanfaatkan untuk kecantikan saja namun logam berat ini juga digunakan untuk pertanian, industri, tambang, kedokteran dan juga untuk laboratorium. Merkuri pada produk pemutih bekerja lebi cepat dibandingkan produk alami. Merkuri sangat mudah diserap oleh kulit dan juga darah. Bukan hanya itu, merkuri juga bisa masuk ke dalam sistem saraf.
bahaya penggunaan merkuri
                                               gambar diambil dari ibu-cici.blogspot.com
Beberapa dampak buruk cara memutihkan wajah dengan merkuri adalah bisa menyebabkan flek hitam, kulit kusam dan lebih gelap dan kanker kulit. Selain itu, merkuri juga bisa menyebabkan mandul dan keguguran. Kosmetik yang menggunakan bahan merkuri bisa memutihkan wajah atau kulit hanya dalam hitungan hari. Pengunaan merkuri yang diperbolehkan BPOM dan aman bagi kulit dan kesehatan adalah sekitar 0,007 % saja. Pengunaan merkuri hanya boleh dicampurkan pada produk tertentu saja yang tidak menimbulkan bahaya. Untuk menghindari bahaya merkuri, kita bisa memilih kosmetik pemutih wajah  dan kinik kecantikan yang aman.

Arbutin

Arbutin merupakan bahan yang banyak digunakan untuk krim pencerah kulit. Bahan ini bisa didapatkan dari ekstrak bearberry, tanaman ini banyak digunakan di Jepang untuk kecantikan. Bahan ini merupakan turunan dari hidrokinon yang bisa menghambat pembentukan melanin. Karena mampu menghambat produksi melanin inilah arbutin banyak digunakan untuk produk pemutih wajah dan kulit tubuh. Arbutin yang digunakan pada beberapa jenis pencerah dan pemutih wajah bekerja dengan cara menghambat melanin, mengabsorbsi sinar ultraviolet dan juga mencegah enzim tyrosinase. Arbutin sangat membantu memutihkan wajah, namun bahan ini tidak sekuat bahan lainnya seperti halnya hidrokinon dan merkuri. 
                                            gambar diambil dari www.beautyclue.com
Arbutin banyak digunakan untuk berbagai produk kecantikan dan tanpa menggunakan resep dokter. Beberapa kosmetik yang mengandung arbutin diantaranya adalah lotion whitening, serum whitening, day and night cream dan juga toner. Selain itu, kini arbutin juga bisa kita dapatkan pada foundation dan celansing. Cara memutihkan wajah dengan arbutin harus sesuai dengan konsentrasi aman bahan tersebut. Arbutin hanya bisa digunakan untuk produk kosmetik dengan konsentrasi 0,5 % hingga 7% saja. Jika lebih dari itu maka bisa menimbulkan masalah pada kulit dan kesehatan. Arbutin bisa memutihkan kulit lebih cepat dibandingkan vitamin C namun arbutin masih dibawah hidrokinon dalam memutihkan kulit. 
Asam kojik

Asam kojik banyak dimanfaatkan untuk produk pemutih kulit seperti body lotion, facial foam, krim wajah maupun sabun. Asam kojik memiliki warna putih seperti tepung dan merupakan metabolit jamur. Bahan ini dihasilkan oleh jamur acetobacter, penicillium dan aspergillus. Asam kojik bekerja dengan cara menghambat katekolase tirosin. Asam kojik aman digunakan dengan konsentrasi tidak melebihi 4%. Pengunaan asam kojik yang berlebihan untuk memutihkan kulit bisa menyebabkan iritasi. 
manfaat dan bahaya asam kojik
                                                  gambar diambil dari indonesia.alibaba.com
Beberapa manfaat asam kojik diantaranya:
1     1. Menghilangkan noda atau flek hitam
2   2.  Menghilangkan bercak-bercak kecoklatan
3   3.   Mengurangi melasma
4   4.  Mencegah penuaan
Asam kojik digunakan sebagai cara memutihkan wajah biasanya dicampur dengan zat lain. Bahan ini sering dicampur dengan asam glikolat untuk kosmetik dan saat ini banyak kosmetik yang menggunakan asam kojik tanpa pengawasan dari dokter. Dibandingkan hidrokinon, penggunaan asam kojik memang jauh lebih aman. Namun, asam kojik juga menimbulkan iritasi jika digunakan berlebih. Selain iritasi, pada beberapa orang produk kecantikan yang mengandung asam kojik bisa menimbulkan gatal-gatal, benjolan dan juga kulit kemerahan. 
Bagaimana, apakah Anda berminat memutihkan wajah dengan beberapa bahan tersebut? Kini, banyak produk kecantikan yang bisa kita pilih dan lebih aman untuk mendapatkan kulit yang putih. Cara memutihkan wajah super cepat dengan bahan di atas bukanlah cara yang tepat. Jadi, lindungi wajah cantik Anda dengan produk kecantikan yang aman dan tidak menimbulkan ketergantungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *