Cara Memakai Jilbab

Sudah menjadi salah satu kewajiban wanita-wanita yang menganut agama Islam untuk mengenakan jilbab atau penutup aurat pada kepala dan rambut. Zaman sekarang semakin lama sudah banyak Ladies yang muslimah mencoba mulai mengenakan jilbab, ada yang masih belajar dan ada juga yang sedang mencoba mencari model-model jilbab yang baru tapi tetap syar’i apabila dikenakan.

Di posting kali ini admin akan memberikan tips dan info mengenakan jilbab secara dasar namun tetap syar’i, praktis dan mudah. Sebelumnya perlu diketahui, ada beberapa “daleman” jilbab yang dapat membantu Ladies dalam mengenakan jilbab nantinya. Beberapa alat bantu daleman itu adalah :

1. Topi Jilbab

Topi jilbab yang merupakan daleman jilbab ini bentuknya layaknya topi, jadi ada kapnya begitu dan ada bagian untuk menyarungkan rambut, kadang ada yang memakai tali atau karet untuk menguatkannya di kepala kita. Topi daleman jilbab ini memiliki berbagai macam warna, gunakan topi daleman jilbab dengan warna yang disesuaikan dengan warna jilbab, karena kalau warnanya berbeda apalagi kontras seperti misalnya topi daleman jilbabnya kuning, dan jilbab kerudungnya warna biru, kan jadinya malah aneh ya ;)

2. Ciput daleman ninja

Salah satu daleman ninja ini biasa juga disebut ciput syria. Ciput ini adalah ciput model baru. Dan sangat berguna bagi para jilbaber yang suka mengkreasikan jilbabnya. Apalagi ciput daleman ninja ini sangat pas untuk para pemakai jilbab pemula, karena ciput ini sudah didesain dapat menutup leher sekaligus, sehingga memasang kerudung yang bagian luarnya tidak perlu repot, tinggal disematkan biasa saja seperti kerudung biasa dengan peniti, bros atau jarum pentul dikaitkan dengan ciput dan baju kamu ladies.

Adapun langkah-langkah dalam memakai jilbab secara dasar baik menggunakan topi maupun ciput adalah sebagai berikut :

1. Bentuk jilbab menjadi segitiga terlebih dahulu, apabila jilbab yang kamu akan kenakan memiliki ujung berbentuk segi empat.

2. Ambil daleman jilbab, untuk langkah ini daleman jilbab yang dimaksud adalah topi jilbab, kenakan topi jilbab telebih dahulu, biasanya ada tali di belakangnya yang dapat digunakan untuk mengikat jibab di belakang leher agar nantinya lebih kuat.

3. Baru kemudian tutup dengan jilbab yang sudah dibentuk segitiga tadi, kedua ujung harus sama panjang di kedua sisi

4. Sematkan peniti atau jarum pentul pada bagian leher jilbab, untuk mengaitkan kedua sisi jilbab, jangan terlalu kencang saat menyematkan peniti atau jarum pentul tersebut agar leher tidak terasa tercekik dan tetap merasa nyaman.

5. Sematkan juga jarum pentul di bagian atas jilbab untuk mengaitkan kerudung jilbab dengan topi daleman jilbab yang dikenakan di dalamnya agar nantinya jilbab tidak bergeser.

6. Kemudian jika ingin memodelkan jilbab, inilah saatnya. Kamu bisa memodelkan jilbab dengan hanya mengambil satu ujung jilbab entah dari sisi kanan dan kiri lalu kamu gelungkan ke belakang leher dan menyematkannya dengan tusuk jilbab yang merupakan aksesoris yang sudah banyak dijual di pasar bebas dengan berbagai macam kreativitas motif. Setelah itu sisa ujung jilbab yang satunya digunakan untuk menutupi bagian dada kamu dan sematkan peniti di bagian dada itu dikaitkan dengan jilbab dan baju yang dikenakan agar nantinya tidak bergeser.

7. Sementara untuk kreasi jilbab dasar dengan menggunakan ciput daleman jilbab, bisa dengan kerudung apa saja, atau bahkan dengan pashmina juga bisa. Kenakan ciput tersebut, kemudian ambil kerudung pashmina yang memiliki warna senada atau warna yang masuk ke warna ciput daleman jilbab tersebut. Sematkan peniti atau jarum pentul di bagian atas, samping kiri, dan samping kanan untuk menyatukan pashmina dengan ciput tersebut.

8. Setelah itu sisa bagian bawahnya bisa kamu sampirkan ke samping dengan atau tanpa menggunakan pengait atau bisa juga dibiarkan saja menutupi bagian atas sampai bawah badanmu.