Membersihkan Make Up

Make up bisa jadi adalah salah satu hal yang dekat dengan keseharian kita ya ladies. Karena make up pastinya dipakai hampir setiap hari oleh kita terutama kita yang kesehariannya harus bekerja di kantor. Dengan make up kita bisa tampil percaya diri dan cantik, nggak malu ketemu rekan ataupun klien dan atasan. Dengan make up pun wajah kita yang tadinya standar dan biasa saja, hasilnya akan terlihat lebih cantik, menjadi wajah yang di atas standar, dan pastinya akan lebih segar dan menarik.

Namun walaupun membawa efek positif bagi kita para ladies, tapi jika make up tidak dibersihkan maka pastinya akan dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan kulit. Kadang kala kita suka lupa membersihkannya lantaran kelelahan dan kemudian make up yang kita gunakan pada akhirnya malah kita bawa ke tempat tidur juga. Apabila hal tersebut malah menjadi kebiasaan dan berlangsung secara terus menerus pastinya akan berdampak buruk pada kulit karena make up bersifat menutup pori-pori, terutama bagi ladies yang gemar menggunakan alas bedak. Pori-pori yang tidak bernafas nantinya akan menimbulkan iritasi kulit atau jerawat. Jadi bagi ladies yang memiliki kulit berminyak ataupun kulit sensitive sebaiknya berhati-hati dengan menggunakan make up, usahakan tidak menggunakan alas bedak dan membeli bedak yang sesuai dengan kulit sensitive dan berminyak yang kamu miliki. Ada baiknya dalam membeli bedak kamu mengkonsultasikan dulu dengan dokter kulit yang ahli atau ahli kecantikan yang mengerti soal kulit.

Pori-pori kulit yang tertutup make up dalam waktu yang lama akan menimbulkan banyak bakteri dan kotoran dari sel kulit mati yang mengendap pada kulit. Jika dibiarkan selain akan menimbulkan iritasi dan jerawat bisa juga akan  menimbulkan efek serius seperti kanker kulit atau becak-bercak merah bernanah yang sulit disembuhkan. Pada kulit berminyak apalagi, karena penyaluran minyak yang sudah berlebih itu malah akan tambah sulit dan juga bisa menimbulkan terjadinya pengendapan.

Selain make up itu sendiri, jika ladies menggunakan kuas, sebaiknya ladies memperhatikan kuas yang ladies gunakan. Mulai dari kebersihan maupun kualitas kuas. Kuas make up jangan terlalu kasar, karena bisa menimbulkan pengelupasan pada kulit, kemudian kuas juga harus bersih, karena kuas yang kotor bisa saja menjadi sarang dari bakteri. Kuas yang mengandung bakteri bisa berdampak pada kerusakan kulit wajah, seperti akan timbul flek hitam ataupun jerawat pada wajah.

Jika faktor-faktor penting tersebut di atas tidak terjaga, maka make up malah akan mendatangkan penyakit baik itu secara fisik, maupun secara psikis apabila kulit wajah malah menjadi rusak. Untuk itu faktor-faktor tersebut di atas wajib diperhatikan ya ladies, dan sekali lagi… jangan malas membersihkan wajah.

Cara menghapus make up yang baik dan benar, yaitu:

  1. Gunakan krim pembersih dengan kapas saat menghapus make up dari wajah. Kapas dan krim pembersih untuk bedak, lipstick, dan riasan mata harus dibedakan. Jangan menggunakan satu kapas untuk keseluruhan make up.
  2. Setelah yakin krim pembersih membersihkan semua make up, bilas wajah dengan sabun wajah yang cocok dengan kulit wajah kamu ladies. Bilas hingga bersih, jangan sampai ada sabun yang tersisa di wajah karena sabun yang tersisa bisa menimbulan penyakit pada kulit
  3. Sebenarnya dengan dua cara di atas, make up sudah bersih dari wajah. Tapi sebaiknya setelah menggunakan make up, ladies mengoleskan krim pelembab yang juga mengandung anti jerawat, atau anti bakteri yang bisa merefresh wajah dan sel-sel kulit yang tadinya tertutup oleh make up.