Jenis jerawat

Jenis Jerawat Yang Sering Menyerang Wajah

Diposting pada

Ada cukup banyak jenis jerawat, namun tidak semua jerawat bisa mengganggu kulit cantik. Jika selama ini Anda benar-benar pusing karena jerawat yan tak kunjung sembuh, maka langkah awal untuk mengatasinya adalah mengetahui jenis jerawat tersebut. Jerawat merupakan penyakit kulit yang tidak berbahaya dan tidak menular. Dan kulit adalah bagian tubuh yang paling luar dan mudah mengalami perubahan. Karena sinar matahari, produk-produk kecantikan ataupun karena obat-obatan, hal ini bisa mempengaruhi kulit. Beberapa hal tersebut bisa menjadi penyebab jerawat yang kadang jarang kita sadari.

Berbagai penyebab jenis jerawat

Jangan panik jika Anda sedang berjerawat, atau mulai tumbuh jerawat baru pada wajah cantik Anda. Ada jerawat yang bisa menyerang kulit kapan saja, saat kita tidur, saat kita makan, minum atau saat kita sedang bekerja. Bisakah kita menghentikan jerawat? Bisa saja Anda pergi ke dokter spesialis kulit, tapi hal ini karena Anda ingin menyembuhkan jerawat tersebut. Jerawat memang masalah kulit yang datang secara tiba-tiba, tanpa kita ketahui kapan dan dimana masalah ini datang. Yang jelas kita akan tencengang ketika mendapati wajah atau bagian tubuh terlihat benjolan berwarna kemerahan atau putih.

Ada cukup banyak penyebab jerawat yang sering dilakukan setiap hari. Kadang, kamu memegang benda yang kotor, hal ini bisa menimbulkan jerawat. Kebiasan yang kamu lakukan setiap hari bisa menjadi penyebab jerawat yang sebenarnya sangat mudah dihindari. Ketika kamu memegang ponsel, buku, tas dan benda lainnya, bisa jadi tangan menjadi kotor.

Selain itu, ada beberapa penyebab jerawat lain diantaranya:

  • Menyentuh wajah

Sekali dua kali kamu bisa menyentuh wajah, tapi jika berkali-kali, hal ini justru bisa menyebabkan jerawat. Tanda disadari, tangan yang menyentuh wajah tidak selamanya bersih. Tangan kotor yang menyentuh wajah menjadi sarang kuman yang menyebabkan berbagai jerawat.

  • Bahan kimia pada kosmetik

Kosmetik yang kamu gunakan, tidak selamanya membuatmu cantik.  Tidak semua kulit bisa menerima bahan-bahan yang terdapat pada kosmetik. Reaksi negatif kosmetik pada kulit sering menimbulkan jerawat. Berbagai jenis jerawat bisa timbul akibat reaksi kulit dengan bahan kimia kosmetik.

  • Keringat di wajah

Keringat juga bisa menjadi penyebab jenis jerawat di wajah. Keringat yang bercampur debu dan kotoran sangat mudah menyebabkan kuman dan bakteri berkembang. Jika keringat mengenai kulit wajah, hal ini bisa menyebabkan jerawat.

  • Makeup yang tidak dibersihkan

Menggunakan makeup memang salah satu hal yang wajib bagi wanita. Namun, setelah menggunakan makeup, kamu harus segera membersihkannya. Makeup bisa menimbulkan jerawat. Apalagi jika kamu jarang membersihkan wajah setelah menggunakan makeup.

Apa itu jerawat?

Jerawat atau agne vulgaris adalah peradangan kronik yang ditimbulkan oleh beberapa faktor. Jerawat bisa terjadi karena peradangan pada folikel sebasea yang disertai dengan munculnya papula, abses maupun pustula. Beberapa bagian tubuh yang sering mengalami jerawat adalah wajah, bahu, dada ataupun punggung. Jerawat bisa terjadi pada siapa saja, bahkan pada bayi sekalipun. Terutama pada anak usia remaja, pada masa-masa tersebut jerawat sering kali muncul bahkan bisa dikatakan sangat parah.

Ya, ada banyak sekali faktor penyebab jerawat, karena muncul jenis-jenis jerawat yang bisa menyerang kita kapan saja. Propionibacterium acnes adalah kuman yang bisa menimbulkan jerawat. Ketika terjadi kelebihan sekresi dan menimbulkan sebum, hal ini bisa membuat bakteri penyebab jerawat tersebut tumbuh subur dan menimbulkan jerawat. Selain itu, ada beberapa jenis bakteri yang bisa menimbulkan peradangan atau infeksi pada jerawat diantaranya Staphylococcus dan Staphylococcus epidermidis.

Macam-macam jerawat yang wajib kamu ketahui

Ada 3 jenis jerawat yang wajib kamu ketahui, hal ini bisa membantu mencegah terjadinya jerawat dan penyembuhannya. Beberapa jenis jerawat tersebut adalah jerawat ringan, jerawat sedang dan jerawat berat.

Jerawat Ringan

Jerawat ringan ini adalah munculnya komedo baik komedo terbuka maupun tertutup. Komedo tertutup atau whitehead merupakan jerawat ringan yang ditandai dengan bintil-bintil kecil yang berlubang, bisa juga komedo tidak memiliki lubang. Munculnya jenis-jenis jerawat ini karena sebum yang menumpuk pada kulit dan tidak bisa keluar. Sebum tersebut terdapat bakteri yang menumpuk sehingga menimbulkan komedo tertutup. Komedo terbuka atau blackhead adalah komedo yang muncul karena oksidasi sebum yang disebabkan karena folikel terbuka. Ketika sebum teroksidasi maka komedo menjadi berwarna kecoklatan atau bahkan menjadi hitam.

Jerawat  Sedang

Beberapa jerawat diantaranya adalah papula, nodul dan pustule. Jerawat papula atau papel bisa terjadi karena kerusakan pada dinding folikel rambut. Saat folikel rambut pecah, hal ini menimbulkan inflamasi yang ditandai keluarnya sel darah putih. Papula ini menyerupai benjolan kemerahan pada kulit. Pustule adalah jenis jerawat ringan yang muncul setelah sel darah merah keluar.

Jerawat ini ditandai dengan titik putih yang berada di tengah jerawat kemerahan. Setelah papel dan pustule muncul, maka jerawat ringan tersebut akan berubah menjadi nodule. Jenis jerawat ini ditandai dengan peradangan dan benjolan menjadi lebih besar dan sakit jika disentuh. Nodul ini terjadi karena peradangan yang disebabkan oleh fragmen rambut dalam waktu yang cukup lama.

Jerawat berat

Jenis-jenis jerawat berat diantaranya sinus dan abses, jenis jerawat berat ini berwarna kemerahan dan terasa nyeri jika disentuh. Abses merupakan jenis jerawat yang bisa mengeluarkan darah, sebum dan nanah. Sedangkan sinus atau agne kongloblata merupakan jenis jerawat yan paling berat. Jerawat ini mengandung fistel dan sangat susah disembuhkan. Kita membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk mengatasi jerawat ini. Penanganan jerawat ini bisa dilakukan dengan cara modern ataupun cara tradisional yang tepat.

Banyak cara menghilangkan jerawat, demikian juga dengan jenis-jenis jerawat tersebut, kita bisa memilih berbagai treatment dan pengobatan yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *