Udah pada tahu, kalau jerawat itu juga mempunyai bermacam-macam jenis? Kalau ada yang belum tahu, mari kita kenalan dulu dengan makhluk bandel yang suka bersemayam di wajah kita ini. Makhluk ini bandel karena suka menimbulkan penyakit, oleh karena itu rajin-rajin bersihin muka ya Ladies, supaya terhindar dari makhluk-makhluk bandel ini.

Di posting ini akan dibahas jenis-jenis jerawat sesuai dengan bentuk dan tingkat keparahannya pada wajah. Saran saya, jika jerawat kamu sudah mulai memasuki kategori berat, sebaiknya pergi berkonsultasi ke dokter untuk menghilangkannya. Karena sepertinya akan sulit menyembuhkannya tanpa bantuan dokter.

Mari kita lihat, apa aja sih jenis-jenis jerawat ini 😉

Jenis-Jenis Jerawat

1. Komedo

Percaya nggak, ini juga termasuk jerawat lho. Tapi jerawat dengan kategori yang paling ringan. Bentuknya putih, kecil-kecil, biasanya bentuknya kayak rambut-rambut halus putih gitu. Lahan favoritnya adalah daerah “T” pada wajah. Yaitu mencakup hidung, atas bibir, dagu, atas hidung, jidat, bahkan pipi. Komedo ini mudah tumbuh pada kulit-kulit wajah yang berminyak.

2. Papula / Jerawat Lunak Tanpa Mata

Bentuknya itu kecil-kecil. Merupakan jerawat kategori ringan. Lahan favoritnya adalah dahi dan pipi. Kelihatannya nggak begitu parah ya. Memang tidak terlalu parah, asalkan tidak dipencet! Karena jika dipencet, bekasnya akan lebih lebar nantinya dibanding jerawatnya. Jerawat jenis ini bisa langsung sembuh dengan obat anti jerawat.

3. Pustula / Jerawat Kecil dengan Mata (Nanah)

Ketika kamu sudah mulai mempunyai ini, hmmm… mesti hati-hati nih. Biasanya dialami dikalangan remaja muda baru dewasa alias ABG 😉 Bisa disembuhkan dengan obat anti jerawat. Tentu saja waktu penyembuhannya lebih lama dibandingkan papula tapi sabar aja ya, sekali lagi Jangan Dipencet! Karena akan memperparah kategori jerawat yang tadinya ringan ini menjadi berat! Karena dengan dipencet, bisa merangsang syaraf untuk menumbuhkan banyak jerawat-jerawat lain di area wajah yang sehat.

4. Nodul

Ini jerawat yang masuk kategori medium (mulai berat) Jerawat ini merupakan benjolan yang akarnya bisa mencapai bawah kulit. Kalau punya jerawat jenis ini lebih baik rajin menggunakan obat jerawat, rajin membersihkan wajah, dan mulai menghindari makanan dan minuman yang memicu datangnya jerawat. Lebih baik lakukan juga facial di tempat perawatan wajah untuk menghilangkan jerawat ini.

5. Jerawat Batu

Jerawat ini termasuk jerawat yang menyakitkan. Bentuknya besar dan bernanah. Jerawat jenis ini bisa menimbulkan infeksi apabila tidak diobati. Selain itu jika dipencet, kulit wajah bisa meradang dan bekas yang ditimbulkannya akan sulit hilang untuk jangka waktu yang lama. Jika perawatan dari obat, pembersih, dll secara sendiri sudah tidak mempan, sebaiknya kamu coba konsultasikan langsung ke dokter kulit untuk menghilangkannya.

6. Jerawat Rosacea / Jerawat Besar dengan Bintik-Bintik

Jerawat jenis ini biasa muncul di pipi, hidung, dan dagu. Jerawat ini kategorinya lebih berat dibandingkan jerawat batu. Bentuknya lebih besar dan terkadang dikelilingi bintik-bintik jerawat yang kecil-kecil di sekitarnya. Kalau sudah memiliki jerawat jenis ini, sebaiknya langsung konsultasi ke dokter kulit untuk menghilangkannya, karena agak sulit jika menghilangkan jerawat jenis ini sendiri.

7. Jerawat Conglobata / Jerawat Besar yang Bersambung dan Bernanah

Nah, yang ini adalah tipe jerawat yang harus kamu benar-benar hindari. Jerawat ini menyakitkan sekali. Besar dan bersambung, berisi nanah. Mayoritas dialami para pria. Kadang suka tumbuh di tubuh, terutama pada tubuh berusia 18-30 tahun. Selain di wajah pria, kadang juga mampir di wajah wanita lho. Biasanya wanita-wanita yang berusia 20-40 tahun harus hati-hati terjangkiti jerawat ini. Jika memang sudah terkena jerawat jenis ini, dianjurkan segera menghubungi dokter untuk berkonsultasi untuk penyembuhannya, dan jangan lupa untuk rajin membersihkan wajah juga jangan lupa membersihkan rambut yang kotor.