Mencegah & Mengobati Kulit Terbakar Sinar Matahari

Ladies, merasa nggak kalau sekarang panas mataharinya lagi gila-gilaan banget. Kayaknya seiring perkembangan jaman didukung dengan usia bumi yang kian hari semakin tua (sepertinya juga diiringi dengan berubahnya aktivitas matahari ya), sinar matahari alias sinar ultraviolet dari matahari semakin kejam saja menusuk kulit. Mungkin juga penyebabnya adalah bumi yang sudah banyak dipangkas dikarenakan banyak manusia-manusia yang lebih suka “menanam” gedung-gedung bertingkat daripada pepohonan-pepohonan yang hijau. Well, kalau udah kayak gitu mau gimana lagi, terpaksa cari cara sendiri untuk melindungi kulit kita pribadi ya Ladies.

Ada berbagai macam bahan yang bisa digunakan untuk mencegah maupunĀ  mengobati kulit Ladies yang terbakar matahari. Di antaranya yaitu:

Cara Mencegah & Mengobati Kulit Terbakar Sinar Matahari

1. Lotion anti-UV

Nah lotion macam ini kan udah banyak dijual tuh ya Ladies. Ada yang untuk wajah maupun untuk badan. Harus dibedakan beli-nya ya Ladies, karena komposisi zat untuk lotion pada wajah dan tubuh itu berbeda tentunya. Dan harus periksa mana lotion yang sesuai dengan kulit Ladies, admin sarankan untuk konsultasi terlebih dahulu ke ahlinya jika ingin membeli lotion tersebut ya Ladies, karena kalau salah lotion bisa-bisa iritasi ;)

2. Terapi air

Ini salah satu cara yang dilakukan apabila kulit Ladies sudah terbakar sinar matahari. Cara terapinya adalah dengan menyiapkan air rendaman yang dingin yang sudah dicampur dengan tepung kanji. Kemudian berendam deh di sana Ladies selama kurang lebih 20 menit dan bilas badan sampai bersih. Lakukan terapi air ini secara rutin dua kali sehari sampai kulit Ladies yang terbakar sinar matahari tersebut sudah dirasa agak sembuhan :)

3. Baking soda

Cara terapi dengan baking soda hampir sama dengan terapi air. Yaitu dengan mencampurkan baking soda dengan air untuk digunakan mandi sambil gosok perlahan bagian kulit Ladies yang terkena sinar matahari. Lakukan setidaknya dua kali sehari sampai kulit terbakar Ladies sudah pulih.

4. Madu

Selain untuk minuman dan campuran bahan makanan, madu juga berguna untuk menyembuhkan kulit yang terbakar lho Ladies. Hal tersebut dikarenakan madu memiliki zat yang anti bakteri dan ampuh sekali dalam menyembuhkan luka, termasuk luka bakar atau alergi atau iritasi, dan lain sebagainya. Cara menggunakannya adalah tinggal mengoleskan madu tersebut saja di bagian kulit yang terbakar. Oleskan setidaknya dua kali sehari atau ketika kulit Ladies terasa perih, dan lakukan secara konsisten hingga luka bakar akibat terkena sinar matahari tersebut sembuh

5. Pasta gigi

Pada prinsipnya, cara menggunakan pasta gigi pada luka bakar hampir sama dengan menggunakan madu pada luka bakar. Yaitu dengan mengoleskan pasta gigi tersebut di kulit yang terbakar ketika perih secara konsisten hingga luka bakar tersebut sembuh dan pulih

6. Lidah buaya

Tumbuhan lidah buaya, selain untuk rambut ternyata juga ampuh mengatasi kulit yang terluka bakar. Cara menggunakannya adalah dengan mengeluarkan gel yang ada di dalam tumbuhan lidah buaya, kemudian mengoleskannya pada kulit yang terkena luka bakar ketika perih, atau setidaknya dua kali sehari. Secara konsisten dan teratur agar luka bakar dapat segera sembuh. Kulit yang disembuhkan dengan gel lidah buaya pastinya akan merasakan dingin dan sejuk, yap karena kulit juga memiliki zat anti oksidan yang dapat menyembuhkan luka bakar tersebut

7. Jambu Biji

Ternyata, jambu biji selain baik untuk kesehatan di dalam tubuh karena mengandung banyak vitamin jika dikonsumsi sebagai buah-buahan namun juga bisa lho menyembuhkan kulit yang terbakar sinar matahari, Ladies. Cara menggunakannya adalah merebus beberapa jambu biji, hingga air rebusan tersebut cukup dengan ditambahkan air dingin untuk mandi. Tolong diperkirakan ya Ladies, jangan sampai malah air dinginnya yang terlalu banyak jadi harus pas separuh takarannya.