Mengatasi Mata Sembab

Ladies, pemilik mata sembab bukan berarti kalau si pemilik itu habis nangis atau baru bangun tidur ya ladies. Karena walaupun seseorang baru saja habis menangis ataupun baru bangun tidur, pasti lama kelamaan mata sembabnya itu akan hilang dengan sendirinya. Tapi pasti ada kan kita temui beberapa pemilik mata sembab yang sembabnya itu nggak hilang meskipun dia sudah seharian melakukan aktivitas, jika kita memperhatikan sepertinya sembab di matanya itu sudah permanen. Nah, itulah yang dimaksudkan mata sembab yang sebenarnya. Kalau masih bingung gimana sih bentuknya mata sembab itu dan merasa belum pernah ketemu orang yang memiliki mata sembab tersebut, ladies bisa cek deh di berita-berita gossip di TV atau di internet, atau gampangnya lihat artis Luna Maya kalau lagi diwawancara lagi nggak pake make-up, bawah matanya kan agak hitam dan berkerut, nah itu salah satu contoh kecil mata sembab yang nggak terlalu parah ya ladies.

Ada beberapa penyebab kenapa seseorang bisa memiliki mata sembab tersebut, yang pasti penyebabnya bukan karena keturunan. Mata sembab dimiliki saat kita mulai dewasa, dan bisa juga lebih diperparah dengan bertambahnya usia, karena memang penyebab-penyebab tersebut berawal dari sistem organ tubuh yang tidak berjalan normal, dan biasanya organ tubuh akan semakin mengalami abnormalitas ketika usia kita semakin bertambah.

Beberapa penyebab mata sembab tersebut antara lain:

1. Proses peredaran darah yang terganggu

Proses peredaran darah yang terganggu tersebut bukan di semua organ tubuh ya ladies. Tapi hanya di bagian sekitar kulit mata. Proses peredaran darah yang terganggu di sekitar kulit mata tersebut memicu terjadinya pembengkakan. Dan pembengkakan tersebut menimbulkan akibat terjadinya sembab pada mata.

Cara mengatasinya bisa dengan memijat-mijat kulit mata sembab yang bengkak tersebut. Jangan lupa, memijatnya harus dengan lembut ya ladies. Karena kalau terlalu kuat nanti pembuluh darah sekitar kulit mata kamu bisa pecah. Kalau bisa gunakan satu sampai dua jari saja untuk memijat agar nanti pijatannya tidak terlalu kuat tekanannya. Lakukan secara konsisten beberapa kali sehari di waktu senggang. Waktu terbaik adalah melakukannya pada pagi hari setelah baru bangun tidur.

2. Konsumsi obat-obatan yang terus menerus

Apabila ladies mengidap penyakit atau harus “bergantung” pada satu atau beberapa jenis obat-obatan, dan harus meminumnya secara terus menerus sebaiknya ladies harus sangat berhati-hati, karena kebiasaan tersebut berpotensi sangat besar menimbulkan mata sembab.

Contohnya adalah obat tetes mata, yang di dalamnya memiliki kandungan steroid. Zat ini akan membuat tegang mata dan menimbulkan tekanan di pembuluh darah mata. Nantinya ketegangan yang timbul itu apalagi dilakukan secara konstan akhirnya dapat menimbulkan mata sembab dan bengkak.

Ada memang diantara kita yang sulit untuk lepas dari yang namanya obat tetes mata dan harus dikonsumsi secara terus menerus yaitu salah satunya pada penderita glaucoma atau kanker mata. Bagi ladies yang memiliki penyakit ini memang bahkan mungkin seumur hidup tidak bisa lepas dari obat tetes mata, kalau nantinya lepas maka tekanan pada bola mata akan naik dan pada akhirnya sangat berpotensi menimbulkan kebutaan apabila dibiarkan. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk memijat-mijat mata secara lembut dan perlahan, baik di bola mata apabila terasa pegal dan kemudian pada sembab dan kerutan yang terjadi di bawah mata akibat keharusan menggunakan obat tetes mata tersebut

3. Zat garam yang berlebihan

Ternyata apabila garam yang kita konsumsi kadarnya terlalu berlebih, akan berpotensi juga menimbulkan sembab pada mata. Karena jika garam di tubuh kita terlalu banyak, bisa saja terkumpul di bawah mata dan pada akhirnya menimbulkan mata sembab. Oleh karena itu bagi pecinta makanan asin, supaya lebih berhati-hati ya 😉