Menghaluskan Kulit Kaki Kasar atau Bersisik

Kalau kembali ke tahun, jaman-jaman 90an (hmm, udah pada lahir belum Ladies.:) ) Kan ada salah satu tagline iklan yang berbunyi “Kulit bersisik.. ihhh, amit-amiiiiit” Hihi. Ya, salah satu tagline iklan lotion penghalus kulit. Maksud admin membahas kembali iklan tersebut adalah untuk memperlihatkan kepada Ladies bahwa memang kulit yang tadinya halus dan kemudian tiba-tiba bersisik itu lumrah terjadi kok Ladies. Jadi jangan cemas atau khawatir apabila kok tiba-tiba kulit Ladies kasar, bahkan sampai mengelupas. Well, itu bukan suatu penyakit keras atau serius ya, karena hampir semua Ladies di dunia ini pernah mengalaminya 🙂

Ngomong-ngomong, Ladies mau tahu apa penyebab kulit menjadi bersisik? (pada posting kali ini kita membahas kulit kaki ya Ladies 😉 ) Ada beberapa sebab yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi.

Penyebab Kulit Kaki Kasar atau Bersisik

1. Kulit kering

Kulit jenis ini memiliki resiko lebih besar dibandingkan kulit-kulit lainnya untuk mengelupas. Apalagi kalau kulit tersebut berada pada suhu udara “yang tidak biasanya” dirasakan oleh kulit tersebut. Seperti suhunya terlalu dingin untuk kulit ataupun terlalu panas. Contohnya terlalu lama di ruangan yang memiliki air conditioner terlalu dingin atau terlalu lama berjemur di bawah sinar matahari.

2. Tidak cocok kulit kontak langsung dengan beberapa bahan kimia (seperti detergen, atau sabun mandi)

Yang membuat kulit itu mengelupas atau bersisik adalah pengelupasan “zat tanduk” pada kulit. Jadi yang mengelupas dan terasa bersisik ya zat tersebut. Mengapa zat tersebut mengelupas? Ya untuk melindungi jaringan-jaringan kulit-kulit yang terdapat di bawahnya, Ladies. Tapi walaupun memang prinsipnya baik untuk melindungi, tetap saja nggak nyaman kan ya Ladies memiliki kulit yang mengelupas. Kadang malah terasa perih dan gatal.

Seperti halnya ketika kulit kamu bersentuhan langsung dengan zat-zat kimia yang tidak cocok dengan kulit kamu, ketidak cocokan ini lebih dikarenakan ada komponen-komponen tertentu yang sensitif di kulit kamu namun terlalu berlebihan di bahan tersebut, sehingga menyebabkan “sakit” pada kulit hingga membuat zat tanduk mengelupas secara otomatis.

Namun, jangan khawatir Ladies. Ada beberapa cara pencegahan dan pengobatan agar kulit kamu terhindar dari masalah kulit mengelupas dan bersisik tersebut. Tips-tips pencegahan dan pengobatannya antara lain:

Cara Mencegah dan Mengatasi Kulit Kaki Kasar

1. Mengurangi volume waktu kontak kulit dengan bahan yang diduga berbahaya bagi kulit

Tentunya langkah pencegahan awal seperti ini ya Ladies. Yaitu jangan terlalu sering mengadakan kontak langsung dengan sinar matahari atau terlalu lama di ruangan ber-AC yang suhunya sangat dingin. Dan menghindarkan diri dari zat-zat kimia seperti sabun-sabun yang ternyata tidak cocok sama kulit kamu. Cari dan ganti sabun-sabun yang cocok dengan kulitmu apakah kulitmu keing atau sensitif

2. Batu apung

Batu apung merupakan salah satu bahan yang dapat membantu membersihkan dan menghentikan pengelupasan pada kulit. Sebelum membersihkan dengan cara menggosokkan batu apung secara perlahan pada kulit, terlebih dahulu kulit tersebut harus direndam dengan air hangat. Inget Ladies, jangan terlalu  keras ya menggosoknya agar tidak menimbulkan masalah lain pada kulit 😉

3. Pelembab

Nah, ini salah satu bahan wajib bagi Ladies pemilik kulit kering dan kulit sensitif yang memiliki potensi mudah mengalami pengelupasan kulit. Pelembab sudah banyak kok dijual dimana-mana, tapi sekali lagi saya ingatkan Ladies, carilah pelembab yang cocok pada kulit ya. Agar nantinya nggak kena masalah kulit lain lagi. Usapkan pelembab pada kulit kamu kalau kamu merasakan kulit mulai mengelupas dan gatal.

4. Pakaian yang nyaman

Ini juga merupakan salah satu tips pencegahannya Ladies. Kaos kaki yang nyaman, halus, sepatu yang tidak sempit dan lembab, atau bahkan celana panjang dari bahan yang bagus, tidak gatal, ataupun bahannya tidak kasar… adalah contoh-contoh pakaian yang ramah dengan kulit agar nantinya tidak terjadi pengelupasan.