Kawat Gigi

Di zaman sekarang ini kita bisa melihat banyaknya peminat pengguna kawat gigi. Ada pengguna kawat gigi untuk merapikan gigi yang berantakan, ada yang menggunakan kawat gigi untuk memundurkan gigi yang maju, bahkan ada juga yang menggunakan kawat gigi untuk gaya-gayaan.

Kawat gigi sendiri memiliki beberapa versi, yaitu kawat gigi yang bisa dilepas maupun kawat gigi yang bisa dipasang. Untuk membersihkan kawat gigi seperti ini biasanya dilakukan dengan cara yang berbeda, paling susah jika membersihkan dan merawat kawat gigi yang permanen atau bracketnya menempel di gigi, ini cara membersihkannya dengan sikat gigi juga perlu hati-hati ladies karena bracket yang menempel di gigi bisa saja copot apabila kita keseringan menggosok diantara sela bracket dan gigi sehingga lem yang menempelkan bracket ke dinding gigi menjadi hilang dan akhirnya bracket lepas. Untuk memasang bracket kawat gigi kembali diperlukan biaya yang cukup lumayan apalagi kalau bracket yang lepas berjumlah banyak. Untuk menghindari lepasnya bracket namun kawat gigi tetap terawatt dan terjaga kebersihannya, pada posting kali ini admin akan membagi-bagikan info tips untuk perawatan dan pembersihan kawat gigi yang bisa ladies terapkan, yaitu sebagai berikut:

  1. Jika orang-orang yang tidak menggunakan kawat gigi diharuskan menyikat gigi dengan aturan normal dua kali sehari, orang yang menggunakan kawat gigi memiliki aturan normal untuk membersihkan gigi adalah tiga kali sehari. Setelah makan pagi dan makan siang kemudian sebelum tidur setelah makan malam. Setiap selesai makan kamu yang memakai kawat gigi diwajibkan untuk membersihkan gigi, hal itu berguna untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel pada kawat gigi dan bisa membuat endapan kotoran di sana, dan bahkan pernah ada kasus yang memakai kawat gigi, dokter giginya menemukan karang di kawat giginya, hal tersebut juga dikarenakan kawat gigi yang digunakannya tidak dirawat dan dibersihkan secara benar. Jangan lupa untuk menggunakan sikat gigi yang khusus digunakan untuk membersihkan kawat gigi, karena kawat gigi akan sangat sulit jika dibersihkan dengan sikat gigi biasa. Selain itu wajib diperhatikan kebersihannya saat menyikat bekas sayur dan bekas makanan-makanan berlemak yang lemaknya mudah menempel dengan rekat di kawat gigi.
  2. Setelah membersihkan gigi dengan menggunakan sikat gigi khusus, sebaiknya ladies juga berkumur-kumur dengan menggunakan mouthwash untuk mendapatkan kebersihan kawat gigi secara sempurna.
  3. Untuk menjaga agar bracket pada behel tidak mudah lepas-lepas, sebaiknya kamu jangan makan-makanan yang keras-keras seperti daging yang ber-urat, kemudian apel, kemudian ayam-ayam crunch ataupun pisang goreng yang di bagian tepungnya. Karena makanan yang keras-keras sangat berpotensi untuk menghilangkan lem pada bracket ataupun menggesek dan memaksa bracket agar copot dari gigi. Selain itu minuman yang memiliki lemak seperti susu full krim ataupun minuman krim dan coklat dapat membuat kotoran gigi menempel terutama pada kawat gigi, oleh karena itu sebaiknya jangan terlalu sering mengonsumsi minuman yang agak “lengket” tersebut saat masih menggunakan kawat gigi
  4. Tips-tips di atas adalah diperuntukkan bagi kamu yang memakai kawat gigi secara permanen ya ladies. Bagi ladies yang memakai kawat gigi non permanen sebaiknya mencopot kawat giginya ketika kamu makan agar kawat gigi tidak cepat kotor. Sikat dan bersihkan kawat gigi kalau bisa dengan menggunakan sikat khusus kawat gigi setidaknya dua kali sehari
  5. Rajinlah konsul ke dokter gigi untuk perawatan kawat gigi