Mengatasi Jerawat Batu

Ladies, sehubungan dengan posting di bawah, kita kan udah kenalan sama jerawat dengan berbagai macam jenisnya, nah pada tips kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara mengatasi jerawat yang tipe ke lima, yaitu jerawat batu.

Ada baiknya untuk mengatasi jerawat ini kamu berkonsultasi dulu sama dokter ahli. Karena tipe jerawat batu merupakan tipe jerawat yang parah, jadi memang agak rentan jika diobati sendiri.

Namun, apabila Ladies masih ingin mencoba mengatasinya sendiri, saya akan membagikan beberapa tips yang mudah-mudahan dapat membantu Ladies untuk mengatasi masalah jerawat ini.

Tips yang pertama, banyak minum air putih dan hindari terlalu banyak minuman berkafein ataupun minuman bersoda dan minuman beralkohol

Minuman berkafein bisa lho memicu jerawat, termasuk jerawat batu. Hmmm, hati-hati nih buat Ladies yang hobinya minum kopi. Minuman berkafein seperti kopi misalnya, akan memicu kadar hormon dan memicu tumbuhnya jerawat. Sementara itu minuman bersoda dan beralkohol juga memiliki prinsip sama seperti minuman berkafein dalam perannya menimbulkan jerawat. Peningkatan kadar hormon menyebabkan pori-pori kulit tersumbat dan kulit meradang. Nah, untuk menetralkan kadar hormon ini untuk itu Ladies disarankan untuk banyak minum air putih. Selain sehat, dapat menghilangkan bakteri jahat, dan menetralisir kadar hormon dan gula darah Ladies 😉

Tips yang kedua, hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak, makanan berminyak, makanan yang terlalu asam, maupun makanan yang menimbulkan alergi

Makanan berlemak itu misalnya susu, keju, telor, coklat (ini juga terkadang plus kafein). Sementara makanan yang berminyak itu misalnya gorengan. Kemudian makanan yang terlalu asam itu misalnya sayuran dan buah-buahan yang terlalu asam, karena makanan yang terlalu asam akan mengganggu tingkat keasaman tubuh. Satu lagi nih Ladies yang perlu dicatet, faktor netral dari tingkat asam dan hormon juga sangat berperan bagi munculnya jerawat maupun jerawat batu tersebut. Yang terakhir, hindari makanan yang menimbulkan alergi. Kulit dan ketahanan tubuh Ladies terhadap makanan kan bermacam-macam. Ada yang tahan makan-makanan seafood, ada juga yang nggak. Kebanyakan dari kita terkena alergi saat memakan sea food sepertinya. Alergi itu memicu timbulnya banyak bakteri dalam tubuh, dan tentu saja.. bakteri, adalah penyebab nomor satu jerawat. Untuk itu sebaiknya hindari makan-makanan yang menimbulkan alergi pada tubuh Ladies.

Tips yang ketiga, konsultasi ke dokter!

Sekali lagi saya ingatkan ya, Ladies. Jerawat batu ini merupakan jerawat dengan tipe jenis yang berat. Penyebabnya bisa macam-macam seperti bakteri maupun tingkat hormon dan asam. Namun secara spesifik penderita jerawat batu biasanya adalah orang-orang dengan kulit yang memiliki kelenjar minyak berlebih. Penyebab spesifiknya adalah minyak-minyak berlebih yang menggenang di pori-pori, kemudian pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal, dan memiliki kulit yang merespons radang secara mudah dan berlebih. Faktor-faktor ini yang biasanya dimiliki oleh penderita jerawat batu. Melihat dari kasusnya, sepertinya akan sangat baik jika penyembuhannya adalah dari luar maupun dalam. Yang dari dalam ini, seperti pemberian antibiotik maupun obat hormon yang sangat disarankan bagi penderita jerawat batu, akan sulit dan bahaya jika tidak di-resepkan oleh dokter kulit ahli.

Jerawat batu ini rentan peradangan. Dan apabila Ladies mencoba-coba meng-enyahkan sendiri makhluk ini dengan “mengempeskannya” salah-salah malah memperbesar peradangan. Karena itulah pentingnya berkonsultasi ke dokter ahli kulit. Mereka dapat membantu memberikan obat penyembuhan yang sesuai dengan kasus dan kategori kulit Ladies.

So, jangan malas ke dokter ya 😉