Menghilangkan Jerawat di Punggung

Kayaknya nggak cukup hanya di wajah aja ya Ladies si makhluk kecil pengganggu bernama “jerawat” ini bersemayam. Jerawat-jerawat pun bisa menjajah bagian tubuh kita yang lain selain wajah. Punggung, adalah salah satu lahan di tubuh kita yang mereka senangi.

Lantas, apa sih yang membuat jerawat-jerawat itu bisa tumbuh di punggung kita?

Bakteri. Seperti yang sudah dibahas di posting-posting sebelumnya, penyebab utama dari jerawat adalah bakteri. Bakteri akan timbul di lahan yang lembab dan kotor ataupun lahan yang asam. Jerawat di punggung bisa dikarenakan kamu saat mandi tidak bersih atau bahkan jarang mandi, kemudian sering memakai baju yang basah. Jerawat di punggung bisa juga dipicu oleh stimulus yang berada di dalam tubuh seperti jenis kulit (dalam hal ini potensi terbesarnya ada pada pemilik kulit berminyak, kemudian makanan dan yang terutama adalah stres. Penyebab lain dari jerawat di punggung adalah ketidakstabilan hormon ataupun kadar asam dalam tubuh. Oleh karena itu banyak diantara kita yang mengalami jerawat di punggung ketika memasuki usia remaja atau ABG.

Banyak kerugiannya jika kita para Ladies mempunyai jerawat yang tumbuh di punggung. Jerawat itu bisa menimbulkan gatal, nah kalau gatal di punggung susah kan garuknya ;P Selain itu yang namanya jerawat, kalau digaruk, dipencet, ataupun diganggu dengan berbagai macam cara pasti nantinya akan sakit, perih, dan bisa meninggalkan bekas. Nah, nggak enak banget kan kalau hal itu terjadi juga di punggung kita selain di wajah.

Mau tahu gimana cara menghilangkan jerawat-jerawat yang tumbuh di punggung itu?

1. Mandi

Tentu saja saat mandi ini kamu dianjurkan untuk menggunakan sabun. Eits, tapi hati-hati ya Ladies… sabun yang kamu gunakan haruslah sabun yang cocok dan tepat. Kalau pengalaman saya ketika mengalami jerawat dan gatal di punggung adalah mandi dengan menggunakan sabun yang lembut, karena sabun yang lembut kadar asamnya kan tidak terlalu tinggi. Tapi itu juga tergantung dengan kulitnya Ladies juga. Setidaknya sabun yang digunakan yang juga mengandung asam glikolat dan asam alpha hidroksi. Jangan lupa bilas dengan bersih agar bakteri tidak mudah datang ke kulit. Lebih baik kamu membantu proses penggosokan itu dengan scrub, supaya lebih bersih. Tapi scrubnya jangan yang terlalu kasar di kulit, agar kulit tidak mengelupas

2. Jangan terlalu lama memakai baju yang penuh keringat/basah/lembab

Ingat ya Ladies, untuk menghindari terlalu lama memakai baju yang berkeringat. Jika Ladies sudah mulai merasa punggungnya berkeringat, ada baiknya untuk melap tubuh yang berkeringat tersebut dengan handuk atau kalau memungkinkan lebih baik mandi saja dan ganti dengan baju yang bersih dan kering. Bakteri akan sangat senang pada lingkungan yang lembab, karena itu bakteri akan mudah datang pada kulit yang berkeringat dan lembab

3. Minum vitamin B5

Tips yang satu ini terutama sekali dikhususkan bagi para Ladies yang memiliki kulit yang berminyak. Karena vitamin B5 ini adalah vitamin yang berguna untuk memperlancar kadar minyak dalam tubuh. Jerawat yang muncul biasanya timbul pada minyak berlebih yang menggumpal, nah dengan bantuan vitamin B5 proses penggumpalan terhadap minyak berlebih tersebut dapat dihindari. Konsumsilah vitamin B5 ini satu kali sehari.

4. Minyak zaitun, lemon, tea tree, tomat

Nah bahan-bahan terakhir ini berguna untuk menyembuhkan jerawat di punggung dari luar, yaitu dengan cara mengoleskannya bahan-bahan tersebut pada jerawat setidaknya satu kali sehari setelah mandi.