Menghitamkan Rambut

Rambut adalah salah satu anugerah bagi wanita di seluruh dunia. Karena rambut dapat membuat wanita menjadi jauh lebih cantik karena keindahannya. Selain untuk kecantikan wanita,  rambut juga berguna untuk perlindungan bagi wanita, yaitu perlindungan kepala agar terlindung dari sinar ultraviolet maupun guyuran hujan yang basah yang dapat membahayakan kepala kita.

Dengan berbagai tugas yang diemban sang rambut tentunya semakin hari dan semakin berat pekerjaannya akan menimbulkan efek negative bagi rambut apabila tidak dirawat dan dijaga dengan baik dan benar. Salah satu efek kerusakannya adalah berkurangnya pigmen pada rambut sehingga rambut yang tadinya berwarna hitam (warna alami dari mayoritas perempuan di Indonesia) menjadi berubah kusam. Warna kusam pada rambut bisa berwarna agak kekuning-kuningan atau terlihat kering dan pucat.

Penyebab perubahan warna rambut bisa bermacam-macam. Antara lain yaitu :

Sinar dari panas matahari adalah penyebab nomor satu berkurangnya warna hitam pada rambut. Sinar ultraviolet dapat merusak pigmen rambut.  Cepat atau lambatnya proses kerusakan itu tergantung dari berapa seringnya kamu ada di bawah sinar matahari dan kadar panas dari sinar matahari itu sendiri. Kalau waktu-waktu sekarang ini sepertinya panas matahari sedang sangat terik-teriknya ya Ladies. Jadi mulai sekarang sudah harus mulai merawat dan menjaga warna hitam dari rambut.

Rambut yang kekurangan vitamin, seperti vitamin C dan vitamin E juga berpotensi mengalami kerusakan pada pigmen rambut yang membuat rambut menjadi berwarna kusam dan terlihat pucat.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan Ladies untuk mengatasi masalah kerusakan pigmen pada rambut ini dan membuat warna rambut yang sehat dan hitam kembali indah bahkan akan lebih hitam dibanding sebelumnya. Cara-caranya yaitu  dengan menggunakan berbagai bahan-bahan berikut :

1. Merang Padi

Eits, jangan ketuker sama jamur merang ya Ladies. Hehe. Ini adalah merang yang berasal dari tumbuhan padi. Bahan ini biasa digunakan di shampoo-shampo yang khusus untuk menghitamkan rambut. Jika mau praktisnya ya. Tapi kalau mau menggunakan si merang padinya langsung, Ladies bisa mengambil kurang lebih 1 ikat merang padi dan membakarnya hingga semua merang hangus menjadi abu. Abu dari si merang dituang ke wadah, diberi air, dan kemudian diberi perasan air jeruk nipis. Setelah itu diamkan selama 1 malam, dengan wadah harus dibuka dan wadah diletakkan di udara terbuka. Setelah didiamkan, pisahkan air dengan ampasnya, kemudian gunakan air merang tersebut untuk digunakan keramas setidaknya tiga kali dalam seminggu.

2. Biji Pepaya

Alangkah banyaknya manfaat papaya ini ya Ladies. Ternyata, selain bisa dikonsumsi daging buahnya, biji papaya itu sendiri juga sangat berguna bagi rambut, khususnya untuk menghitamkan rambut. Cara menggunakannya adalah dengan mensangrai biji papaya, kemudian menghaluskannya. Tambahkan air dan setelah itu oleskan ke kulit kepala.

3. Kemiri

Kemiri selain dijadikan untuk bumbu dapur juga ternyata berkhasiat untuk menghitamkan rambut lho Ladies. Cara menggunakannya adalah dengan menumbuk kasar kemiri kemudian menggorengnya di wajan (tanpa menggunakan minyak) hingga minyak-minyak kemiri tersebut keluar. Oleskan minyak kemiri tersebut di kulit kepala, diamkan selama kurang lebih 15 menit. Lalu bilas rambut sampai bersih

4. Lidah Buaya

Tanaman ini memang sangat bermanfaat bagi kesehatan rambut yang salah satunya adalah menghitamkan rambut. Cara menggunakannya adalah dengan mengambil cairan kental berbentuk gel yang ada dalam tumbuhan tersebut kemudian oleskan ke atas rambut yang dibasahi sambil memijat-mijatnya selama kurang lebih 15 menit lalu bilas sampai bersih.