Merawat Rambut Yang Tertutup (Jilbab)

Pada posting kali ini sebenarnya tidak hanya diperuntukkan bagi wanita yang memang sudah mengenakan jilbab secara permanen, namun juga diperuntukkan bagi ladies yang suka mengenakan kerudung walaupun tidak permanen, atau bisa juga bagi ladies yang dalam kesehariannya suka menggunakan topi atau mungkin yang bekerja di pertambangan yang harus sering keluar ruangan dan menuju areal pertambangan dengan kepala yang lebih sering tertutup helm. Berkaitan dengan helm, tips di posting kali ini juga bisa diperuntukkan bagi ladies yang sering menggunakan motor baik itu ke tempat kerja atau ke tempat-tempat lainnya. Karena saat mengendarai motor kan kita wajib harus menutup kepala kita dengan helm yang berlabel SNI demi keselamatan kita. Jadi kepala dan rambut yang tertutup tersebut pada dasarnya juga harus dibersihkan sebagaimana ladies yang juga mengenakan jilbab cara perawatan rambutnya karena kan memang ya ladies, prinsipnya rambut yang tertutup apapun apabila sering ditutup memang membutuhkan perawatan yang ekstra.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa ladies lakukan untuk perawatan dan pemeliharaan rambut ladies yang lebih sering tertutup entah dengan jilbab, helm atau topi agar rambut tetap sehat, jauh dari ketombe, maupun kutu, ataupun rambut rontok, rambut bercabang, dan rambut yang pigmennya rusak.

  1. Ketika kamu baru habis selesai keramas, sebaiknya jangan langsung menggunakan jilbab, atau penutup lainnya pada rambutmu. Rambut kamu harus benar-benar kering dulu baru bisa kamu tutup. Apabila kamu keramas saat sebelum beraktivitas dan harus menutup rambutmu khususnya dengan jilbab, sebaiknya kamu keringkan dengan hair dryer. Namun alat-alat pemanas itu pada dasarnya tidak sehat lho ladies bagi rambut dan kulit kepala kamu, maka sebaiknya jika rambut sudah terasa gatal, disarankan kamu keramas sepulang beraktivitas, misalnya pada sore hari atau beberapa jam sebelum tidur. Membawa rambut basah ke tempat tidur juga tidak sehat, karena nanti rambut akan tertutup ketika tidurnya telentang, sebaiknya kamu keringkan dengan didiamkan atau bisa dengan menggunakan kipas angin. Rambut yang lembab apabila langsung ditutup akan memicu ketombe, gatal, dan juga bau apek dari kulit kepala.
  2. Bagi ladies yang mengenakan jilbab (karena memang posting ini diutamakan untuk yang memakai jilbab walaupun memang bisa dipraktekan ke kondisi yang lain) sebaiknya kamu memilih jilbab yang bisa menyerap keringat, seperti jilbab yang terbuat dari bahan kaos atau bahan katun, karena jilbab yang mampu menyerap keringat akan mencegah rambut dan kulit kepala kamu dari kelembaban yang nantinya akan berdampak seperti tersebut di dalam poin satu apabila terus menerus didiamkan dan dibiarkan
  3. Pada saat mengenakan jilbab atau penutup kepala lainnya, tentunya kamu ingin menguncir atau mengikat rambut kamu kan ladies. Hal itu otomatis sekali, bahkan ladies yang memiliki rambut sependek apapun juga jika akan mengenakan penutup kepala seperti jilbab juga berusaha untuk menguncir rambutnya karena sehelai atau dua helai saja rambut keluar-keluar dari penutup kepala akan menimbulkan kondisi yang tidak nyaman. Kamu akan kerepotan untuk memasukkan rambut ke penutup kepala dan hasilnya nanti penutup kepala kamu pun akan terlihat berantakan nantinya. Nah, saat menguncir rambut ini jangan menggunakan kuncir rambut yang berbahan keras, gunakan kunciran yang berbahan lembut seperti kain beludru dan jangan mengikatnya terlalu kencang untuk menghindari kerontokan
  4. Rawatlah rambut dengan mengkeramas rambut setidaknya tiga kali seminggu. Kemudian tidak ada salahnya untuk pergi ke salon melakukan creambath rambut, atau bisa juga kamu lakukan sendiri dengan menggunakan bahan-bahan alami untuk mengcreambath rambut setidaknya seminggu sekali. Hasilnya rambutmu yang biasa tertutup tersebut akan tetap sehat, kuat, dan juga bersih bercahaya.